kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Industri food & beverage ikut terdampak wabah virus corona


Kamis, 26 Maret 2020 / 17:57 WIB
Industri food & beverage ikut terdampak wabah virus corona
ILUSTRASI. Wabah virus corona pengaruhi industri food & beverage. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/ama.

Reporter: Annisa Fadila | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wabah virus corona membuat industri Food & Beverage (F&B) ikut terdampak.

Berdasarkan catatan PT Moka Teknologi Indonesia, startup penyedia layanan kasir digital lebih dari 30.000 merchant di Indonesia. Adapun total penjualan masker wajah pada bulan Januari meningkat dua kali lipat dikarenakan adanya penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Cemas gelombang infeksi baru, kasus impor virus corona di China tembus 500

Namun, pada bulan Februari penjualan hand sanitizer meningkat sebesar 209%. Hal itu dikarenakan adanya pernyataan dari WHO yang menegaskan kebersihan akan lebih efektif jika penggunaan masker dikombinasikan dengan mencuci tangan.

Asal tahu saja, selain melonjaknya penjualan masker dan hand sanitizer, dampak lain yang dirasa ialah penurunan pendapatan harian pada industri F&B, jasa juga ritel. Guna mengetahui dampaknya, Moka telah melakukan observasi di 17 kota berbeda khususnya pada wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, Batam hingga Bali.

Data Analyst Moka Hutami Nadya mengatakan, dalam industri F&B dari 17 kota yang diobservasi, sebanyak 13 kota mengalami penurunan pendapatan harian yang signifikan. Tercatat, industri F&B merupakan industri yang paling terdampak akibat penyebaran corona. Asal tahu saja, Bali dan Surabaya merupakan dua kota yang mengalami penurunan pendapatan harian paling signifikan.

Tercatat, Bali dan Surabaya mengalami penurunan sebesar 26% sedang masing-masing wilayah lainnya hanya 18%. Anjuran dari pemerintah untuk tidak keluar dari rumah guna memperlambat laju penyebaran Covid-19 membuat masyarakat menghabiskan waktu di rumah sehingga memberi dampak pada industri F&B.

Baca Juga: Pelemahan rupiah bisa kerek marjin laba Pan Brothers (PBRX)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×