kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Infina bantu hubungkan pelaku UMKM dan Influencer


Minggu, 23 Agustus 2020 / 20:53 WIB
Infina bantu hubungkan pelaku UMKM dan Influencer


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 yang berlangsung pada tahun 2020 memang bukan saja bencana bagi komunitas global, tapi juga memukul hampir seluruh sektor ekonomi, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Untuk bertahan menghadapi pandemi ini tentu diperlukan strategi khusus. Kondisi kemudian mengantarkan sekelompok anak muda dari latar industri kreatif melahirkan platform digital bernama Infina.

Infina artinya Influencing Indonesia.  Tujuan platform ini adalah membantu pelaku UMKM dapat memasarkan produk atau jasanya di dunia digital dengan cara berbeda.

Baca Juga: Pegadaian maksimalkan Pasar Digital (PaDi)

Oktora Irahadi, founder Infina mengatakan, platform ini diluncurkan bertepatan dengan bulan kemerdekaan Republik Indonesia dengan membantu pelaku UMKM untuk bangkit dan memaksimalkan potensinya. Data Kemenkop, jumlah UMKM pada tahun 2019 mencapai 64 juta.

"Kami percaya dengan bergandengan tangan, kita akan semakin kuat dalam memajukan UMKM Indonesia bersama-sama dengan para influencer Indonesia. Ini adalah ruang saling bantu yang bertujuan memajukan ekonomi Indonesia. Infina merupakan rumah yang tepat bagi pelaku UMKM serta influencer Indonesia untuk saling terhubung," kata Oktora dalam keterangan persnya, Minggu (23/8).

Di samping itu, Infina juga merangkul tenaga kerja Indonesia untuk tidak hanya tergantung kepada pemberi kerja, namun juga bisa berdaya untuk menciptakan lapangan kerja atau penghasilan tersendiri sekaligus membantu para pelaku UMKM Indonesia.

Setiap tahunnya, terdapat 400.000 lulusan sarjana di Indonesia. Itu belum termasuk sekolah kejuruan. Sehingga  dalam 15 tahun ke depan akan ada sekitar 12 juta angkatan kerja baru yang membutuhkan pekerjaan. Dengan melihat kondisi pandemi ini, ketersediaan lapangan kerja merupakan tantangan besar.

Selain menghubungkan pelaku UMKM dengan influencer untuk jejaring lebih luas lagi, platform Infina juga turut menyediakan jasa yang akan membantu para pelaku usaha ini dalam mengembangkan bisnisnya mulai dari jasa konsultasi pemasaran secara daring, jasa desain visual, jasa videografi termasuk berbagai workshop manajemen pengiklanan. 

Baca Juga: Hadapi tantangan pandemi, Bank Mandiri optimalkan Mandiri Digital

Dalam rangka HUT RI ke 75, Infina meluncurkan kampanye promosi diskon sebesar 75% bagi 750 UKM Indonesia pertama untuk memasarkan produknya menggunakan jasa para influencer.  

Mekanisme untuk program ini, para influencer yang memiliki follower di atas 1.000 bisa ikut bergabung dan mendaftar di situs infina sebagai influencer.

Nantinya deretan influencer ini akan dipilih oleh para pelaku UMKM yang telah bergabung di Infina untuk membantu memasarkan produk mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×