kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini alasan Wings Air lakukan pengalihan bandara rute penerbangan Naha ke Manado


Jumat, 01 Februari 2019 / 20:57 WIB
Ini alasan Wings Air lakukan pengalihan bandara rute penerbangan Naha ke Manado


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Wings Air terpaksa harus melakukan pengalihan pendaratan penerbangan IW-1161 yang melayani rute dari Bandar Udara Naha di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (NAH) menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (MDC) hari ini dengan alasan keselamatan penumpang.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communication Strategic of Wings Air mengatakan guna memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot Wings Air memutuskan untuk melakukan pengalihan pendaratan pada penerbangan nomor IW-1161 pukul 12.31 WITA ke Bandar Udara Djalaludin di Gorontalo (GTO).

"Hal ini harus dilakukan karena Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi terjadi cuaca buruk yang menyebabkan jarak pandang pendek (below visibility) sekitar pukul 09.00 – 13.30 WITA, sehingga tidak memenuhi kualifikasi keselamatan penerbangan," ujarnya keterangan tertulis, Jumat (1/2).

Menurut Danang, pada penerbangan ini Wings Air mengoperasikan ATR 72-500 registrasi pesawat PK-WHK yang membawa empat kru serta 67 penumpang. "Semua sudah sesuai SOP penerbangan dan Wings Air pun sudah memastikan bahwa operasional penerbangan IW-1161 tidak sempat mengalami hilang kontak namun karena cuaca buruk mau tidak mau harus dialihkan," ujarnya.

Setelah Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi dinyatakan aman untuk penerbangan (safe to flight) barulah Wings Air kembalu mempersiapkan operasional dengan baik. Adapun pesawat lepas landas dari Gorontalo pukul 14.40 WITA dan sudah tiba di Manado pada 15.45 WITA. Kedepannya, Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×