kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini daftar mobil niaga yang jadi jagoan di IIMS


Kamis, 27 September 2012 / 09:06 WIB
Ini daftar mobil niaga yang jadi jagoan di IIMS
ILUSTRASI. Tips memilih skincare yang tepat dan aman untuk kulit dari dokter RSUA.


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Kondisi perekonomian Indonesia yang tumbuh berdampak pada sektor otomotif, terutama sektor kendaraan niaga. Apalagi bagi kendaraan niaga yang menyasar segmen pasar pertambangan, agrobisnis, serta komoditas lain yang menjadi penyokong ekonomi Indonesia.

Pertumbuhan komoditas tersebut membuat permintaan kendaraan niaga tumbuh 10%-15% beberapa tahun terakhir. Sebagai catatan, penjualan kendaraan niaga jenis pikap dan truk tahun lalu sudah mencapai 270.205 unit.

Seiring pertumbuhan ekonomi, permintaan kendaraan jenis ini juga dipastikan akan meningkat dari tahun ke tahun. Gairah industri kendaraan niaga tersebut terasa dengan kehadiran Agen Pemegang merek (APM) yang ikut dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Kemayoran, Jakarta.

Lihat saja di area outdoor, setidaknya ada 10 merek kendaraan niaga anggota Gaikindo yang unjuk gigi menampilkan kendaraan andalan mereka. Mulai dari FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, serta UD Trucks.

PT Gaya Makmur Mobil sebagai pemegang merek dari China, FAW misalnya, mendatangkan 6 kendaraan truknya mulai dari jenis Prime Mover atau Tractor Head, Long Chasis atau Cargo, hingga Truck Mixer.

Sementara itu, Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan dua produk terbarunya, yaitu AXOR 2633S dan AXOR 2628 serta mendatangkan tiga truk Actros lainnya. Sedangkan PT Hino Motor Sales Indonesia tak mau kalah dengan memboyong dua teknologi khusus hybrid melalui S’elega Hybrid Premium Bus (impor dari Jepang) dan CNG/gas melalui Ranger FM2PKMA NGV (impor dari Thailand). Selain itu, Hino juga membawa 5 unit kendaraan unggulan lainnya di area IIMS 2012.

Sementara itu, UD Trucks membawa 4 model truk kebanggaan mereka, antara lain PK215R, CWM330HM, CWA260M, dan CWA260HT. Sedangkan PT Duta Sumatera pemegang merek MAN Truk & Bus yang berasal dari Jerman memperkenalkan truk tipe terbaru TGS 33.360 dengan sistem penggerak 6x4. Selain itu, mereka juga menghadirkan truk CLA 26.280, CLA 31.280, TGS 40.400.

Sedangkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai pemegang merek Mitsubishi Fuso membawa 5 kendaraan niaganya  baik untuk segmen mulai dari Light Truck dengan datangnya “Si Kepala Kuning” Mitsubishi Colt Diesel FE 71 dan Colt Diesel 4x4.

Di segment Medium Truck, Fuso mendatangkan Fuso FN 527 MS dan Fuso FN 627. Sedangkan di segmen Large Truck, hadir Fuso Tractor Head FV 51 JH.

Sementara itu, Isuzu mengusung tema Isuzu Otot Indonesia meluncurkan Isuzu GIGA FRR dan FTR, truk medium pertama di Indonesia dengan teknologi Heavy Duty Common Rail dengan mesin 4 silinder.

Selain itu, Isuzu juga mendatangkan Isuzu Panther Grand Touring, Isuzu D-max Rodeo, Isuzu D-max Mining Spec, Isuzu Elf Microbus LWB, Isuzu Elf NKR 71 Dump Truck, Isuzu Elf NPS, Isuzu GIGA FTR Wing Box, Isuzu GIGA FVM Wing Box, Isuzu GIGA FVZ Tractor Head, dan Isuzu GIGA FVZ OB Dump.

Sedangkan Toyota kembali mengusung Dyna, selain itu ada truk 110ST, 110FT, 130XT, 110ET, dan 130HT. Sementara, kendaraan komersial asal China, Foton juga tak ketinggalan menghadirkan Foton Auman Dump Truck, Truck Head, Synchronize, dan Mixer. Selain itu, Foton juga menghadirkan Foton VIEW STD, DLX, Blind Van, Ambulance STD, serta Ambulance International.

Sedangkan produsen mobil asal India melalui Tata Motors Indonesia, yang merupakan anggota termuda Gaikindo juga turut serta memajang mobil niaga kebanggaan mereka. Perusahaan otomotif dari India ini memajang Tata Xenon Pick-up double cabin, Tata Ace EX, Tata Super Ace, Tata LPK 258 Prima Tipper.

Selaras dengan tema IIMS Eco-Mobility, Tata juga memamerkan kendaraan CNG di area outdoor, mulai dari Tata Ace CNG, Tata Xenon CNG, Tata LPO 1623 dan RE LE CNG Bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×