kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Upaya Widodo Makmur (WMMP) Kurangi Emisi Karbon di Industri Peternakan


Senin, 31 Oktober 2022 / 13:22 WIB
Ini Upaya Widodo Makmur (WMMP) Kurangi Emisi Karbon di Industri Peternakan
ILUSTRASI. Rumah Potong Hewan Unggas PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) sudah terinstall teknologi solar panel di Giritontro, Wonogiri, Jawa Tengah.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMMP) sebagai perusahaan consumer goods and agriculture commodities di Indonesia terpilih menjadi salah satu Perusahaan yang mendapatkan penghargaan untuk kategori Green Poultry Business of The Year dari kegiatan Green Future Festival oleh Sun Energy.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai respon Sun Energy terhadap potensi dan peluang penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam industri peternakan di tanah air.

Dengan demikian, Sun Energy menggelar kegiatan Green Future Festival untuk memberikan penghargaan kepada para pelaku industri yang telah menerapkan praktik keberlanjutan, khususnya dalam pemanfaatan EBT.

Baca Juga: Grup Widodo Makmur Merangsek Pasar Ekspor, Bidik Singapura dan Tiongkok

Vice CEO anak usaha WMMP, PT Langgeng Makmur Perkasa  Yuyu Y. Kasim menjelaskan bahwa Perusahaan memiliki impian menjadi yang terdepan sebagai industri pangan berkelanjutan. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan upaya masyarakat global dalam memperbaiki dan menjaga kelestarian bumi sesuai dengan prinsip sustainable development goals (SDGs).

“Sebagai bentuk nyata dalam mencegah perubahan iklim, kami menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui instalasi solar panel. Hingga saat ini lini bisnis Perusahaan telah memanfaatkan solar panel dengan kapasitas bervariasi mulai dari 250 KWp hingga 5,0 MWp untuk memasok kebutuhan energi internal Perusahaan. Instalasi solar panel telah dan akan terus dilaksanakan tidak hanya di lini bisnis unggas, tetapi di seluruh lini bisnis Perseroan," ujar Yuyu, dalam keterangannya, Senin (31/10).

Penganugerahan Green Future Festival juga menjadi sebuah upaya bersama untuk mendorong capaian net zero emission 2060. Pada tahun tersebut, diharapkan semua pihak termasuk industri telah beralih ke sistem operasional yang ramah lingkungan.

Selain pemanfaatan EBT, Widodo Makmur Perkasa juga menerapkan konsep circular economy, di mana Perusahaan meminimalisir hasil limbah dan memanfaatkan kembali limbah yang dihasilkan sebaik mungkin.

Baca Juga: Simak Jurus Widodo Makmur Perkasa (WMPP) untuk Menjaga Kinerja

"Hal ini bisa dilihat dari penggunaan kotoran ternak yang dimanfaatkan kembali sebagai pupuk organik yang kaya akan manfaat," tambahnya.

Dia menambahkan, penelitian dan pengembangan (Litbang) untuk inovasi dalam bidang keberlanjutan juga terus dilakukan, seperti rencana pengembangan Bio-CNG yang sedang berjalan hingga rencana pemanfaatan EBT lainnya seperti wind turbine.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×