kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah bocoran tarif interkoneksi operator telekomunikasi


Rabu, 14 Februari 2018 / 20:42 WIB
Inilah bocoran tarif interkoneksi operator telekomunikasi
ILUSTRASI. Pemasangan Alat Pendukung Menara BTS Telkomsel


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pekan ini Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sudah menyerahkan hasil evaluasi mengenai formula tarif interkoneksi kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara. BRTI sudah mengkaji rekomendasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang melakukan penghitungan tarif interkoneksi tersebut. Berdasarkan data yang diterima KONTAN, hasil rekomendasi BPKP adalah menggunakan skema asimetris, artinya tarif interkoneksi berdasarkan masing-masing biaya yang dikeluarkan oleh operator.  

Baik BPKP, BRTI maupunKementerian  Kominfo sementara ini belum mau memberikan informasi terkait tarif interkoneksi tersebut.  Berdasarkan penelusuran KONTAN, BPKP menemukan terdapat perbedaan signifikan dari sisi biaya jaringan antaroperator. Berdasarkan hasil verifikasi, biaya interkoneksi lokal Telkomsel Rp 246 per menit, XL Axiata Rp 59 per menit, Indosat Ooredoo Rp 164 per menit dan Tri Indonesia Rp 103 per menit. 

Sementara hasil verifikasi memperlihatkan, setiap operator memiliki kekuatan jaringan yang sangat timpang. Sebagai contoh coverage 2G, kekuatan Telkomsel mencapai 44,64%. Bandingkan dengan Indosat Ooredoo, XL Axiata dan Tri Indonesia yang masing-masing 27,71%, 22,96% dan 4,7%. Jomplangnya kekuatan coverage ini juga terlihat di jaringan 3G. Telkomsel 51,76%, sedangkan Indosat Ooredoo, XL Axiata dan Tri Indonesia  masing-masing 15,28%, 26,98% dan 5,98%. Dari sisi belanja modal alias capital expenditure, Telkomsel terbesar yakni  47,45%. Sedangkan Indosat Ooredoo 21,2%, XL Axiata 13,56% dan Tri Indonesia 17,79%. 

Pertanyaaan kini, jika dari hasil verifikasi tersebut dipakai, apakah tarif ke konsumen akan turun?  Yang pasti tarif ritel saat ini adalah kebijakan operator, bukan tergantung dari biaya Interkoneksi. Sedangkan interkoneksi adalah kewajiban membayar operator lain, karena menggunakan jaringan mereka. Sejatinya operator bisa memangkas tarif ritel tanpa harus menurunkan biaya interkoneksi, asalkan mereka rela menekan biaya marketing dan margin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×