kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.880.000   -4.000   -0,21%
  • USD/IDR 16.260   50,00   0,31%
  • IDX 6.928   30,28   0,44%
  • KOMPAS100 1.008   6,44   0,64%
  • LQ45 773   2,07   0,27%
  • ISSI 227   2,98   1,33%
  • IDX30 399   1,47   0,37%
  • IDXHIDIV20 462   0,59   0,13%
  • IDX80 113   0,62   0,55%
  • IDXV30 114   1,38   1,22%
  • IDXQ30 129   0,27   0,21%

Inrate klaim mampu sajikan data rating dan prilaku audience


Selasa, 29 Januari 2019 / 14:52 WIB
Inrate klaim mampu sajikan data rating dan prilaku audience


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rating menjadi satu hal yang sangat penting di dunia pertelevisian. Dengan rating, stasiun televisi bisa melihat sukses tidaknya program-program yang diproduksi. Bisa dibilang rating jadi acuan untuk mengukur seberapa banyak sebuah program ditonton oleh pemirsa.

Lebih jauh, dari rating nasib program juga bisa ditentukan, karena rating biasanya berbanding lurus dengan jumlah pendapatan iklan, semakin bagus rating sebuah program maka semakin banyak iklan yang didapat. Rating juga yang menentukan umur sebuah program, diteruskan atau dihentikan.

“Sayangnya sejauh ini para pengiklan hanya mendapat sebatas bukti tayang sebagai laporan bahwa iklannya sudah tayang, namun belum mendapat laporan mendetail tentang siapa saja yang menonton, dan sudah berapa kali ditonton,” ujar CEO Inrate Hartana melalui keterangannya, Selasa (29/1).

Hartana menjelaskan Inrate merupakan aplikasi yang hadir untuk memberikan data-data tersebut bagi stasiun televisi, pemasang iklan, dan Agency iklan. Inrate memanfaatkan dukungan populasi 2,1 juta pelanggan UseeTV yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia dan bukan sampling.

“Posisi Inrate di market adalah sebagai komplemen dengan mandatory data kepemirsaan yang menyasar segmen ekonomi menengah ke atas,” jelasnya.

Adapun perhitungan rating dilakukan berbasis penonton UseeTV dengan profiling Helix Persona dan smart profile. Helix Persona inilah yang memungkinkan untuk dilakukannya pengklasifikasian populasi penonton Indonesia menjadi 42 Persona dan 6 Komunitas, sehingga pengambilan data kepemirsaan akan lebih akurat.

Untuk memperkuat, Helix Persona akan dipadu dengan Smart profiling pelanggan UseeTV yang dihasilkan dari Big Data Analytics milik PT. Telkom Indonesia.

Nantinya di dalam aplikasi web yang bisa diakses lewat inrate.id, informasi tentang iklan yang tayang di 15 saluran Free To Air Nasional secara lengkap dan mendetail akan disajikan, dari mulai template, super impose, credit title, plasma, dan lain-lain.

“Keunggulan yang disebut di atas tentunya baru sebagian fitur yang bisa didapat oleh pelanggan jika menggunakan Inrate. Masih banyak fitur-fitur unggulan Inrate lainnya yang memang dirancang agar para pengiklan dan mitra agency bisa mendapat data yang diperlukan terkait iklan yang mereka pasang,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×