Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.063
  • SUN95,65 0,01%
  • EMAS677.000 -0,44%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Inrate klaim mampu sajikan data rating dan prilaku audience

Selasa, 29 Januari 2019 / 14:52 WIB

Inrate klaim mampu sajikan data rating dan prilaku audience
ILUSTRASI. Inrate

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rating menjadi satu hal yang sangat penting di dunia pertelevisian. Dengan rating, stasiun televisi bisa melihat sukses tidaknya program-program yang diproduksi. Bisa dibilang rating jadi acuan untuk mengukur seberapa banyak sebuah program ditonton oleh pemirsa.

Lebih jauh, dari rating nasib program juga bisa ditentukan, karena rating biasanya berbanding lurus dengan jumlah pendapatan iklan, semakin bagus rating sebuah program maka semakin banyak iklan yang didapat. Rating juga yang menentukan umur sebuah program, diteruskan atau dihentikan.


“Sayangnya sejauh ini para pengiklan hanya mendapat sebatas bukti tayang sebagai laporan bahwa iklannya sudah tayang, namun belum mendapat laporan mendetail tentang siapa saja yang menonton, dan sudah berapa kali ditonton,” ujar CEO Inrate Hartana melalui keterangannya, Selasa (29/1).

Hartana menjelaskan Inrate merupakan aplikasi yang hadir untuk memberikan data-data tersebut bagi stasiun televisi, pemasang iklan, dan Agency iklan. Inrate memanfaatkan dukungan populasi 2,1 juta pelanggan UseeTV yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia dan bukan sampling.

“Posisi Inrate di market adalah sebagai komplemen dengan mandatory data kepemirsaan yang menyasar segmen ekonomi menengah ke atas,” jelasnya.

Adapun perhitungan rating dilakukan berbasis penonton UseeTV dengan profiling Helix Persona dan smart profile. Helix Persona inilah yang memungkinkan untuk dilakukannya pengklasifikasian populasi penonton Indonesia menjadi 42 Persona dan 6 Komunitas, sehingga pengambilan data kepemirsaan akan lebih akurat.

Untuk memperkuat, Helix Persona akan dipadu dengan Smart profiling pelanggan UseeTV yang dihasilkan dari Big Data Analytics milik PT. Telkom Indonesia.

Nantinya di dalam aplikasi web yang bisa diakses lewat inrate.id, informasi tentang iklan yang tayang di 15 saluran Free To Air Nasional secara lengkap dan mendetail akan disajikan, dari mulai template, super impose, credit title, plasma, dan lain-lain.

“Keunggulan yang disebut di atas tentunya baru sebagian fitur yang bisa didapat oleh pelanggan jika menggunakan Inrate. Masih banyak fitur-fitur unggulan Inrate lainnya yang memang dirancang agar para pengiklan dan mitra agency bisa mendapat data yang diperlukan terkait iklan yang mereka pasang,” paparnya.

Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Tag
TERBARU
Rumah Pemilu
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0006 || diagnostic_api_kanan = 0.0567 || diagnostic_web = 0.3504

Close [X]
×