kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPC akan memasang layanan elektrifikasi di seluruh pelabuhan yang dikelola


Minggu, 01 November 2020 / 13:28 WIB
IPC akan memasang layanan elektrifikasi di seluruh pelabuhan yang dikelola
ILUSTRASI. IPC telah menjalankan layanan elektrifikasi atau shore to ship (STS) di Pelabuhan Tanjung Priok.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) terus melakukan inovasi di semua sisi layanan dan operasional, untuk menciptakan efisiensi dan menekan biaya logistik nasional. IPC tengah mengembangkan platform i-Hub yang akan menjadi platform tunggal untuk seluruh layanan di pelabuhan. 

Direktur Utama IPC Arif Suhartono mengatakan, i-Hub mencakup layanan mulai dari registrasi, permintaan layanan di pelabuhan, pembayaran serta tracking kargo secara daring. Melalui anak perusahaan, yakni PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS), IPC juga mengembangkan berbagai aplikasi untuk digital seaport, payment solution, dan supply chain management (SCM) solution

Salah satu inovasi yang baru-baru ini diluncurkan IPC adalah menyiapkan layanan elektrifikasi atau shore to ship (STS) di Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan fasilitas STS, kapal yang bersandar di pelabuhan kini bisa mengganti penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan memanfaatkan energi listrik yang disediakan di dermaga. 

“IPC berkepentingan mewujudkan pelabuhan ramah lingkungan atau green port. Ke depan, kapal yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok tidak perlu lagi menggunakan BBM untuk sumber listrik mereka. Elektrifikasi ini menjamin ketersediaan energi yang lebih murah dan ramah lingkungan,” ujar Arif dalam siaran pers, Sabtu (31/10). 

Baca Juga: IPC akuisisi 49% saham ILCS dari PT Multimedia Nusantara

Pada tahap awal, fasilitas shore to ship ini dikembangkan di Dermaga Petikemas Domestik, Tanjung Priok. Nantinya secara bertahap fasilitas STS dipasang di seluruh pelabuhan yang dikelola IPC.  

“IPC memiliki peran strategis dalam ekosistem kepelabuhanan. Karena itu, IPC akan terus melakukan berbagai inovasi untuk kemudahan layanan kepelabuhanan guna meningkatkan efisiensi biaya logistik nasional,” pungkas Arif. 

Baca Juga: Aktivitas layanan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok tetap jalan di tengah PSBB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×