kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45871,65   8,37   0.97%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jackup Rig Emerald Drilled Milik Pertamina Drilling Siap Beroperasi


Rabu, 19 Juni 2024 / 12:06 WIB
Jackup Rig Emerald Drilled Milik Pertamina Drilling Siap Beroperasi
ILUSTRASI. Pekerja Pertamina EP Papua Field melakukan pengawasan kegiatan Drilling Steam Test (DST) di area pengeboran sumur eksplorasi Buah Merah (BMR)-001, Distrik Klasafet, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Senin (10/6/2024). Pengeboran sumur eksplorasi Buah Merah (BMR)-001 dilakukan untuk membuktikan keberadaan sumber daya migas dari wilayah timur Indonesia sehingga dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pasokan migas dalam negeri serta mendukung pencapaian target produksi nasional. ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/aww/tom.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jackup rig ‘Emerald Driller’ PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling), anak usaha Subholding Upstream Pertamina telah tiba di Laut Jawa dan siap beroperasi.

Direktur Utama Pertamina Drilling, Avep Disasmita mengatakan, jackup rig ini akan digunakan dalam proyek pengeboran offshore antara Pertamina Drilling dengan PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) dan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Sebelumnya, jackup rig ‘Emerald Driller’ telah melalui proses inspeksi dan mobilisasi dari Qatar menuju Laut Jawa menggunakan Dry Tow, yaitu menggendong jackup rig di atas Heavy Lift Vessel yang menempuh jarak lebih dari 4.000 NM.

Baca Juga: Pertamina Drilling Tajak Sumur Perdana di PHR WK Rokan

Selama mobilisasi rig, kru senior ‘Emerald Driller’ juga selesai menjalani beberapa pelatihan wajib terkait aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), seperti HSSE Introductions, SIKA, dan PETROL.

Pertamina Drilling, PHE OSES, dan PHE ONWJ telah melakukan full condition inspection terhadap jackup rig ‘Emerald Driller’ di Qatar pada bulan Maret-April 2024.

Kemudian diikuti dengan pelatihan kepada seluruh kru ‘Emerald Driller’ pada bulan Mei 2024. Jackup rig merupakan sebuah platform yang dapat mengapung dan memiliki tiga kaki yang dapat dinaikturunkan.

Rig tipe jackup dapat digunakan untuk mengebor sumur eksplorasi dan juga sumur development (pengembangan). ‘Emerald Driller’ merupakan jackup rig dengan tipe BMC 375, dilengkapi dengan spud can tip, yang sesuai dengan kebutuhan di Laut Jawa.

Baca Juga: Pertamina Drilling Catatkan Pertumbuhan Laba 43% pada Tahun 2023

Dalam proyek ini, Pertamina Drilling menggandeng ADES Group, sebuah perusahaan jasa pengeboran Arab Saudi yang telah mengoperasikan rig offshore dan onshore di sepanjang Timur Tengah dan Asia, untuk penyediaan jackup rig ‘Emerald Driller’ berkekuatan 3.000 horsepower (hp) yang dapat mengebor hingga kedalaman 30.000 kaki.

"Peran penting Pertamina Drilling dalam upaya mendukung pencapaian target produksi minyak nasional sebesar 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas sebesar 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri semakin terlihat," kata Avep dalam keterangan resmi, Rabu (19/6).

Avep menambahkan, ini merupakan pencapaian atau milestone besar bagi Pertamina Drilling yang berhasil meningkatkan peran strategisnya dalam penyediaan energi Indonesia melalui kontrak long term Jackup Drilling Rig Services ini.

Baca Juga: Dorong Penambahan Produksi Minyak Blok Cepu

"Kemampuan Pertamina Drilling dalam menjalankan operasi dan bisnis hulu minyak dan gas (migas) membawa semangat baru dan simbol kebangkitan nasional untuk mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×