kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Jajaki Pasar Global, ID Food Jalin Kerjasama dengan Belanda Pasarkan Kopi Lokal


Rabu, 07 September 2022 / 15:08 WIB
Jajaki Pasar Global, ID Food Jalin Kerjasama dengan Belanda Pasarkan Kopi Lokal
ILUSTRASI. Barista melakukan proses sangrai biji kopi di ruang produksi Tuwa Kawa Coffe di Mataram, NTB, Rabu (18/8/2021). Jajaki Pasar Global, ID FOOD jalin kerjasama dengan belanda pasarkan kopi lokal.

Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Jajaki pasar global, ID Food menjalin kerjasama dengan Belanda untuk memasarkan kopi lokal asli Indonesia.

Direktur Utama Holding Pangan, ID Food, Frans Marganda Tambunan, mengatakan, ID Food Group berperan aktif sebagai off taker kopi dari petani di seluruh Indonesia dan dipasarkan ke domestik maupun global.

Hingga Semester I tahun 2022 ini ID Food melalui PT PPI telah melakukan ekspor kopi secara reguler ke Mesir sebanyak 237,6 Ton atau senilai Rp 7, 14 miliar.

Bahkan hingga akhir tahun 2022 nanti ditargetkan ekspor kopi sebanyak 2.881 Ton dan akan terus ditingkatkan dengan pengembangan ke berbagai negara tujuan ekspor lainnya.

Baca Juga: Gappmi: Pasokan Bahan Baku Makanan dan Minuman Indonesia Masih Aman

“Target ekspor kopi berikutnya Eropa, oleh karenanya pada pameran kopi di Belanda, kami turut memperkenalkan kopi - kopi yang kami off taker dari mitra Petani untuk meningkatkan rantai suplai perdagangan kopi ke tingkat internasional,” kata Frans dalam keterangannya, Rabu (7/9).

Dalam kesempatan itu, ID Food  berhasil menarik perhatian stakeholder lokal di Belanda melalui penandatanganan MoU dengan Perusahaan Belanda, Esro Food Group B.V ihwal ekspor dan impor produk dan atau komoditi untuk pemenuhan kebutuhan di Eropa.

“Kerja Sama ini Business to Business (B2B) komoditas pangan antara ID Food  Group PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dengan Esro Food B.V,” terang Frans.

Melalui Anggota holding PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, yang tergabung dalam ekosistem BUMN kopi Nusantara, ID Food  mendukung Pemerintah memajukan ekosistem kopi yang berdaya saing global.

Baca Juga: Sinar Mas Bangun Pusat Persemaian Berkapasitas 10 Juta Bibit di Sumsel

“ID Food  terus meningkatkan kerja sama bilateral untuk Komoditas kopi dengan suplai perdagangan kopi ke tingkat internasional,” jelasnya.

Menurut Frans, hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa Pasar Kopi dapat mengangkat posisi Indonesia menjadi aktor penting dalam rantai suplai perdagangan kopi Internasional, selain mengupayakan pemasaran kopi dengan nilai tambah yang lebih baik agar penjualan ekspor meningkat secara signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×