kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.884.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.210   -25,00   -0,15%
  • IDX 6.897   65,26   0,96%
  • KOMPAS100 1.002   13,05   1,32%
  • LQ45 771   10,32   1,36%
  • ISSI 224   1,60   0,72%
  • IDX30 397   5,48   1,40%
  • IDXHIDIV20 461   5,31   1,16%
  • IDX80 113   1,46   1,31%
  • IDXV30 113   0,44   0,39%
  • IDXQ30 129   1,86   1,47%

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo diharapkan beroperasi tahun 2023


Rabu, 09 September 2020 / 19:48 WIB
Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo diharapkan beroperasi tahun 2023
ILUSTRASI. Kendaraan melintas di ruas jalan tol Solo-Ngawi kawasan Gondang Rejo, Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (28/4/2020). Menurut PT. Jasamarga Solo Ngawi sampai dengan April jumlah kendaraan yang melintas jalan tol menurun hingga 50 persen dan diprediksi akan


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Penjaminan Pinjaman Proyek Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo resmi diteken di Jakarta, Rabu (9/9). Diharapkan operasionalisasi jalan tol paling lambat pada 2023 mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan proyek tersebut merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan menjadi bagian dari rencana jangka pendek yang akan dikerjakan hingga akhir Tahun 2020.

Adapun percepatan dalam mengejar proyek tersebut termasuk dalam hal konstruksi fisik yang akan dimulai pada Oktober 2020 yang dilakukan secara paralel bersamaan dengan pembebasan lahan.

Baca Juga: Konsorsium ini hampir dipastikan menangkan proyek Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo

Untuk pembebasan lahan, Basuki bilang akan ditambah sebuah tim khusus yang akan berkoordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk penanganan dana talangannya.

Tim ini bekerja berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2012 Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum, bertujuan menyediakan tanah bagi pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa, negara, dan masyarakat dengan tetap menjamin kepentingan hukum Pihak yang Berhak.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur Adrian Priohutomo melanjutkan selain menambah tim khusus untuk mempercepat pembebasan tanah, konsorsium juga akan menerapkan strategi pendekatan persuasif. 

Hal tersebut untuk hendak menghindari konsinyasi sehingga pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) yang wilayahnya dilintasi jalan tol ini. "Pendekatan persuasif dilakukan supaya pemda-pemda ini mendukung," kata Adrian.

Baca Juga: Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR dapat anggaran Rp 757,7 miliar di 2021

Sementara dari segi pendanaan, Adrian meyakini tidak ada kendala karena didukung oleh PT Penjaminan Infrastruktur dan sejumlah perbankan Nasional.




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×