kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga garap tol Kalibaru mulai 2013


Sabtu, 08 September 2012 / 09:15 WIB
Jasa Marga garap tol Kalibaru mulai 2013
ILUSTRASI. Model memperlihatkan smartphone Lenovo P2 Turbo saat peluncuran di Jakarta, Senin (17/4). KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menggarap proyek jalan tol di kawasan Pelabuhan Kalibaru, Jakarta Utara mulai awal 2013.

Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman menyebut, pembangunan jalan tol sepanjang 7 kilometer (km) itu untuk mempermudah akses masuk kendaraan-kendaraan berat menuju Terminal I Pelabuhan Kalibaru.

Rencana pengerjaan proyek jalan tol itu telah disepakati dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken Jasa Marga, PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II pada Jumat (7/9).

Setelah penandatanganan kesepakatan itu, Jasa Marga akan melanjutkan pada tahap pengkajian untuk proyek jalan tol tersebut. Pengelola jalan tol pelat merah ini menargetkan tahap pengkajian akan memakan waktu sekitar tiga bulan. Adapun, untuk pembebasan lahan, saat ini sudah rampung, bahkan perizinan sudah terbit.

Adityawarman memproyeksikan, pembangunan jalan tol yang akan dilewati truk -truk pengangkut peti kemas tersebut akan memakan waktu kontruksi berkisar 12 bulan hingga 14 bulan.

Adapun, nilai investasi untuk pembangunan ruas tol tersebut diperkirakan mencapai Rp 4 triliun. Nah, sekitar 25% dari total investasi akan dibiayai dari kocek sendiri. Sedangkan, 75% lagi akan didapat dari pinjaman perbankan. Sayangnya, Adityawarman masih enggan membeberkan nama-nama bank yang akan mengucurkan dana. Namun, yang pasti, Jasa Marga akan menggandeng bank pelat merah.

Jalan tol Kalibaru yang dibangun itu nantinya akan tersambung dengan tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) menuju Terminal I Pelabuhan Kalibaru.

Dalam desain proyek disebutkan, dari total 7 km yang akan digarap, sepanjang 4 km bakal dibangun di atas laut. Namun, Adityawarman belum bisa menyebut, posisi jalan tol yang akan dibangun di atas laut tersebut.

"Kami masih belum tahu posisinya, apakah berada di tengah-tengah atau berada di pinggir laut. Kami akan bicarakan lagi setelah MoU ini," ungkapnya. Yang pasti, dia mengklaim, perseroan siap mengerjakan proyek tol tersebut, di manapun nantinya posisi yang disepakati.

Selain mempersiapkan pembangunan tol Kalibaru, Jasa Marga juga sedang melakukan perbaikan untuk ruas tol rute Jakarta-Cikampek, dan menggarap ruas tol Waru (Aloha)-Tanjung Perak.

Hingga semester I-2012, Jasa Marga menunjukkan kinerja cukup bagus. Pendapatannya meningkat 15% dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi Rp 3,27 trilun. Sementara itu, perseroan berhasil mengantongi laba bersih Rp 891 miliar, atau naik 25,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×