kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga uji coba rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol Jagorawi arah Jakarta


Minggu, 20 Desember 2020 / 20:57 WIB
Jasa Marga uji coba rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol Jagorawi arah Jakarta
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka melakukan upaya untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi, khususnya dari arah Bogor menuju Jakarta, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Jagorawi akan melalukan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas khususnya pada lokasi pertemuan lalu lintas (merging) pada On Ramp Gerbang Tol (GT) Cibubur 2.

Tri Wahyu Subekti, General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad menjelaskan, uji coba tersebut dilakukan sebagai langkah upaya penguraian kepadatan yang kerap kali terjadi di lokasi tersebut. 

"JMT bekerjasama dengan pihak Kepolisian akan melakukan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas untuk mengatasi kepadatan tersebut yang dilaksanakan mulai hari Senin (21/12) sampai dengan hari Jumat (01/01)," ujar Tri dalam siaran resmi, Minggu (20/12).

Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas antara lain dilakukan dengan pemasangan Water Barrier dari Km 14+500 s.d 13+500 arah Jakarta untuk mensterilkan bahu jalan. Selanjutnya, pemasangan traffic cone dari Km 13+400 s.d 13+200 arah Jakarta (setelah chevron Cibubur sampai dengan Cibubur 2 Satelit untuk kanalisasi Cibubur 2) untuk mengurangi merging.

Baca Juga: Jelang libur akhir tahun, Jasa Marga ancam tindak tegas truk ODOL di jalan tol

Selain itu, menempatkan petugas Mobile Customer Services dan kendaraan bantuan lainnya di sekitar lokasi rekayasa lalulintas sebagai langkah antispasi bila terjadi gangguan kendaraan. 

Pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat memperbaiki aliran lalu lintas, meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan lalu lintas, mengurangi kendaraan crossing, dan pada akhirnya dapat memperlancar lalulintas.

Tri menyebut, hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi untuk diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar Cibubur arah Jakarta. 

Selain itu, contraflow arah Jakarta yang dimulai pada KM 17+200 s.d KM 8+600 akan tetap dilaksanakan pada Senin (21/12), untuk mengurai kepadatan di sekitar Cimanggis arah Jakarta.

"Selama kegiatan uji coba rekayasa berlangsung diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, tertib di lajurnya, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya," pungkas Tri.

Selanjutnya: Antisipasi libur Nataru, Jasa Marga fungsikan tol BORR ruas Simpang Yasmin-Semplak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×