Reporter: Aceng Nursalim | Editor: Herlina Kartika Dewi
JAKARTA. Meski pasar mobil di Indonesia masih dikuasai oleh pabrikan Jepang, tapi bukan berarti mobil produksi pabrikan non Jepang tak bisa tumbuh. Buktinya, penjualan KIA mobil pada Juli 2013 tumbuh 17% ketimbang bulan sebelumnya.
Direktur Pemasaran PT Kia Mobil Indonesia Hartono Sukmono bilang, pada Juli 2013, penjualan mobil keluaran Korea Selatan ini mencapai 1.142 unit, naik 17% ketimbang Juni 2013 yang sebanyak 976 unit. Kontribusi terbesar penjualan KIA berasal dari KIA All New Picanto di segmen city car sebanyak 580 unit. "Selain diperkenalkan lebih awal yakni tahun 2004, produk KIA Picanto memang paling kuat dibanding produk sejenis baik dari desain dan teknologinya," katanya, Selasa (20/8).
Selain KIA All New Picanto, kontribusi penjualan KIA pada bulan Juli lalu juga ditopang oleh produk KIA yang lain seperti KIA All New Rio di segmen mobil hatchback sebanyak 280 unit, KIA All New Carens di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) sebanyak 103 unit.
Sedangkan di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) pada Juli 2013 KIA mampu menjual 105 unit KIA All New Sportage. Sisanya, penjualan KIA ditopang oleh Kia All New Sorento di segmen SUV 7 penumpang sebanyak 62 unit, KIA Big up 11 unit, dan KIA Pregio 1 unit.
Selama tujuh bulan pertama tahun ini, KIA mampu menjual 7.300 unit mobil, turun 9,56% ketimbang periode yang sama tahun lalu. Meski begitu, Hartono optimistis sampai akhir tahun ini KIA bisa menjual 15.000 unit mobil. Sebagai gambaran, pada tahun 2012 lalu, KIA hanya mampu meraup penjualan 13.651 unit.
Dari target penjualan mobil KIA tahun ini, Hartono berharap sekitar 45% hingga 50% ditopang oleh penjualan city car. Maklum saja, ia bilang, kelas menengah di Indonesia terus meningkat, sehingga pasar mobil jenis ini juga bakal berkembang.
KIA juga mengandalkan penjualan KIA All New Carens sebagai penopang penjualan di pasar MPV medium. Hingga akhir tahun ini, KIA mematok target penjualan All New Carens 1.000 unit.
Untuk mencapai target tersebut, Hartono bilang, KIA akan terus meningkatkan pelayanan purna jual, baik melalui penambahan gerai yang mudah dijangkau konsumen maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Catatan saja, saat ini, KIA telah memiliki 53 gerai. Nah, sampai akhir tahun 2013, KIA berencana menambah lima hingga 10 gerai lagi.
Selain meningkatkan pelayanan purna jual, KIA juga akan mengembangkan desain produk yang canggih. Saat ini, Hartono mengklaim, KIA sudah menduduki peringkat pertama untuk kelas mobil dari pabrikan di luar Jepang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News