kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jumlah kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dipengaruhi kondisi cuaca


Rabu, 11 Maret 2020 / 21:13 WIB
Jumlah kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dipengaruhi kondisi cuaca
ILUSTRASI. Jumlah kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih normal di tengah merebaknya wabah virus korona (Covid-19)


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Tanribali Lamo menyampaikan wabah virus korona (Covid-19) belum berdampak signifikan terhadap jumlah kunjungan. Namun, kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi faktor yang paling memberi dampak.

"Sepanjang Januari sampai Maret, dampak yang lebih terasa adalah karena cuaca. Hujan deras yang terjadi pada awal 2020 sampai Februari, menurunkan kunjungan mencapai sekitar 21%. Dampak karena cuaca lebih luar biasa," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Rabu (11/3).

Baca Juga: Sejumlah event olahraga di Indonesia ditunda gara-gara corona, ini daftarnya

Dia melanjutkan, akibat hujan, Jakarta tergenang banjir bahkan beberapa area di TMII juga terendam.

Sementara mengenai virus, sejak mewabah pada Februari dan pihak Pemerintah DKI Jakarta mengeluarkan edaran khusus untuk membatasi pertemuan dalam kelompok besar, pihaknya menerima pembatalan kunjungan dari korporasi yang melakukan kunjungan kerja, rombongan dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, serta rombongan anak sekolah.

Namun demikian, Tanribali berkata jika kunjungan secara individu masih sangat stabil. Per harinya, TMII masih dikunjungi 3.000 sampai 5.000 orang, bahkan pada Sabtu dan Minggu lalu, angka kunjungan masih mampu mencapai 15.000 orang.

Baca Juga: Wabah virus corona berdampak terhadap biaya produksi sepatu di dalam negeri

"Kami juga telah siap menyediakan fasilitas pengecekan, penyediaan hand sanitizer serta anggota paramedis di dalam TMII. Dari sini, kami siap merujuk ke rumah sakit sesuai anjuran Gubernur DKI Jakarta" lanjutnya.

Anggota paramedis TMII tersedia di posko kesehatan yang terletak di pintu masuk Selatan dan Utara. Tak hanya itu, pihaknya juga memberlakukan pengecekan suhu tubuh di tiap pintu masuk TMII dan Masjid At-Tin. Pada lokasi pertemuan di TMII, yakni Sasana Kriya dan Sasana Adiguna, pihaknya juga menyediakan antiseptik bagi tamu yang turun panggung dan bersalaman.

"Untuk di Taman Burung, kami juga sudah lakukan pemeriksaan kepada semua unggas dan hewan-hewan. Seluruh unggas sudah kami periksa dan dinyatakan bebas flu burung. Jadi, semua sehat dan tidak bermasalah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×