kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jurus CEO Emporium Pluit Mall menggenjot pertumbuhan kunjungan dan penjualan


Kamis, 11 Juli 2019 / 16:59 WIB
Jurus CEO Emporium Pluit Mall menggenjot pertumbuhan kunjungan dan penjualan


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. CEO Emporium Pluit Mall Ellen Hidayat mengatakan pihaknya fokus menggenjot penjualan dan target kunjungan mall pada semester II 2019 melalui ajang diskon besar-besaran dan penyelenggaraan acara karakter anak.

Ditemui dalam acara konferensi pers Indonesia Great Sale (IGS) 2019 di Gandaria City Mall, Jakarta, Kamis (11/7), Ellen menyebut pada semester I 2019 bisnis retail mendapat pengaruh cukup signifikan dari gonjang-ganjing politik pasca-pilpres.

"Karena keadaan tidak begitu aman, banyak tenant tutup selama tiga hari. Kunjungan menurun drastis karena dalam situasi mencekam tidak ada yang ingin berbelanja. Karyawan yang bekerja pun merasa tidak aman. Hal tersebut menyebabkan penurunan penjualan sampai 70%," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Kamis (11/7).

Selain itu, Ellen menilai daya beli masyarakat masih cukup baik pada semester I 2019, walau aktivitas konsumsi cenderung berubah ke sektor makanan dan minuman.

"Masyarakat juga lebih menahan pembelian dan melakukan pertimbangan panjang sebelum membeli sesuatu. Ini bukan daya beli yang menurun, namun masyarakat lebih bijak saja," tuturnya yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Namun demikian, Ellen berkata kenaikan penjualan semester I 2019 meningkat 7% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. "Tetap lebih baik dari tahun lalu, walau ada ketidakstabilan politik," lanjutnya.

Ia berharap ke depannya keadaan politik dapat lebih stabil, karena keadaan ekonomi juga akan berimbas baik bagi iklim usaha.

Untuk mendongkrak kembali angka kunjungan dan penjualan, pihaknya menggelar Indonesia Great Sale 2019 yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dari sisi penjualan dan pengunjung masing-masing 20%.

"Sebenarnya bulan Agustus adalah bulan yang landai bagi pusat perbelanjaan. Ajang sale besar besaran ini kami harapkan dapat menjadi sundulan tersendiri. Bagi pihak pengelola pusat perbelanjaan, setidaknya memang harus mengadakan empat kali ajang sale tiap tahun untuk menjaga traffic kunjungan," lanjutnya.

Menurutnya, imbas acara sale pada tiap mall bisa berbeda. Dirinya mengestimasi kenaikan kunjungan bisa terjadi sekitar 10%-50% pada mall yang dikelolanya. Hal tersebut, tambahnya, dapat didongkrak pula dengan acara midnight sale.

"Rencananya akan ada 27 mall yang mengadakan sale di pertengahan tahun ini, termasuk Emporium Pluit," tutur Ellen.

Selain gelaran sale, pihaknya juga menggelontorkan biaya sebesar Rp 1 miliar untuk menggelar acara karakter kartun yang lekat dengan anak tiap beberapa bulan sekali. Menurutnya, karakter familiar seperti Disney, Tayo, dan lain-lain cukup efektif mendatangkan keluarga.

"Kalau sudah berhasil mendatangkan pengunjung melalui acara mall, maka tugas tenant adalah membuat tokonya menarik bagi pengunjung. Utamanya dengan dekor dan promo yang menarik," pungkas Ellen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×