kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KA penumpang turun karena pembatasan transportasi, KAI andalkan KA logistik


Jumat, 24 April 2020 / 20:04 WIB
KA penumpang turun karena pembatasan transportasi, KAI andalkan KA logistik
ILUSTRASI. Kereta api logistik


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) sudah memiliki strategi menghadapi kebijakan pembatasan transportasi publik yang berlaku mulai Jumat (24/4).

VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan okupansi penumpang secara bertahap menurun hingga di bawah 20% sejak merebaknya wabah.

"Kami mendukung kebijakan pemerintah untuk membantu mengurangi penyebaran corona dengan kebijakan yang baru diberlakukan hari ini. Gerbong dan kereta yang tidak beroperasi kami rawat baik," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (24/4).

Baca Juga: Resmi, Kemenhub larang operasi transportasi umum mulai Jumat 24 April 2020

Joni menyebutkan, sejak awal tahun ini sampai April 2020, tingkat okupansi penumpang menurun. Pada Januari sampai Februari 2020, okupansi penumpang KAI masih di atas 90%. Namun sejak Maret sampai April, okupansi penumpang KAI berada di bawah 20% atau hanya berkisar 10% sampai 16% saja.

KAI sendiri sudah membatalkan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh dari dan menuju Jakarta serta ke Bandung. Lebih detail, pada 21 April 2020, KAI membatalkan 14 perjalanan KA jarak jauh dari dan menuju Daop 1 Jakarta dan Daop 2 Bandung dengan berbagai tujuan untuk perjalanan mulai 23 dan 24 April 2020.

Dengan demikian mulai 24 April 2020, KAI tidak lagi mengoperasikan kereta api jarak jauh dari Jakarta dan Bandung menuju kota-kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Kami tidak menyebut hal tersebut sebagai kerugian karena pandemi. Kami memiliki core bisnis lain, yakni Rail Express, yang bergerak pada logistik barang. Pendapatan dari sisi ini cukup signifikan," kata Joni.

Ia melanjutkan, porsi pendapatan KA penumpang sekitar 36%. Sementara porsi pendapatan lainnya disumbang oleh KA logistik yang mengangkut batubara, semen, kayu, hingga BBM yang bekerja sama dengan swasta. pihaknya juga melayani pengangkutan barang seperti sepeda motor dan lain-lain. Layanan ini beberapa di antaranya bisa didapatkan di Lampung hingga Sumatera Utara.

Strategi lain, KAI juga memanfaatkan pengelolaan aset dengan penyewaan kepada pihak ketiga.

Baca Juga: Seluruh perjalanan kereta api dibatalkan hingga 31 Mei 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×