kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,61   -8,86   -1.02%
  • EMAS930.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -0.40%
  • RD.CAMPURAN -0.08%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Kadin akui kontribusi UMKM pada ekspor masih rendah


Rabu, 17 Februari 2021 / 16:52 WIB
Kadin akui kontribusi UMKM pada ekspor masih rendah
ILUSTRASI. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Rosan P Roeslani

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melihat, hingga kini kontribusi UMKM terhadap total ekspor Indonesia masih rendah.

Ketua umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani menyebut, kontribusi sektor UMKM ini terhadap ekspor masih berada di level 15% hingga 16% saja.

“Makanya, kita harus melahirkan eksportir baru, terutama dari sektor UMKM. Apalagi sektor uMKM penyerapan tenaga kerjanya tinggi,” ujar Rosan dalam peresmian program 500K Ekspotir Baru, Rabu (17/2).

Rosan pun mengajak semua pelaku ekspor, termasuk UMKM untuk bisa lebih menggenjot ekspor. Apalagi, saat ini pemerintah sudah aktif dalam mengembangkan perjanjian perdagangan internasional. seperti free trade agreement (FTA) dengan Australia, RCEP, CEPA, dan lain-lain.

Kepada pemerintah, Rosan juga meminta agar pemerintah melakukan sosialisasi terkait perjanjian perdagangan internasional ini agar eksportir tahu apa saja yang sudah disepakati sehingga mereka akan memanfaatkan perjanjian perdagangan.

Baca Juga: Menkop UKM harap UKM Virtual Expo 2021 memperluas pasar ekspor produk UMKM

Kemudian, kunci penting untuk meningkatkan ekspor termasuk UMKM berorientasi ekspor adalah dengan meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM).

“Karena di tengah persaingan yang makin tajam, belum lagi ada Covid-19. kita harus bisa memberikan suatu competitive edge yang harus bisa berjalan terus-menerus,” tambah Rosan.

Kemampuan adaptasi teknologi pemasaran juga merupakan kunci yang positif.  Pun dengan pengenalan sektor formal di finansial juga bisa membantu eksportir untuk semakin melebarkan sayapnya.

“Kita semua harus melakukan dan membangun suatu kebijakan bersama, merefromasi regulasi dalam rangka meningkatkan ekosistem dan eksportir ke depannya, sesuai arahan Presiden,” tandas Rosan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Pendalaman Strategic Thinking Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 2

[X]
×