kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin: Separuh bahan baku industri petrokimia masih impor


Kamis, 25 Januari 2018 / 16:55 WIB
Kadin: Separuh bahan baku industri petrokimia masih impor
ILUSTRASI.


Reporter: Petrus Dabu | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebutuhan nasional akan pasokan bahan baku berbasis industri petrokimia terus meningkat dari tahun ke tahun. Di sisi lain, impor bahan baku berbasis migas, plastik dan olahan kimia lainnya juga mencatatkan angka yang sangat besar.

Johnny Darmawan, Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Kadin Indonesia mengatakan, tidak adanya perkembangan signifikan pada investasi di sektor petrokimia dalam dua dekade terakhir berdampak pada minimnya suplai kebutuhan akan produk petrokimia dari pabrikan dalam negeri.

Saat ini kebutuhan bahan baku petrokimia dalam negeri mencapai 5,6 juta ton per tahun. Dari jumlah tersebut pemenuhan permintaan baru mencapai sekitar 2,45 juta ton per tahun. Alhasil, hampir 50% bahan baku industri untuk memenuhi permintaan sektor petrokimia masih impor.

"Pasar produk petrokimia, dari hulu, antara, hingga hilir sangat besar. Namun, pasar domestik dikuasai produk impor. Dengan struktur seperti itu, praktis industri petrokimia nasional sulit bersaing," lanjut Johnny.dalam Focus Group Discussion (FGD) Membangun Industri Nasional Berkelanjutan Kajian Sektor Hulu Migas dan Petrokimia yang digelar Kadin Indonesia, Kamis (25/1).

Menurut dia, kondisi ini menjadi tantangan bagi pemerintah maupun pelaku usaha. Bila industri hulu migas dan petrokimia tidak segera dibenahi maka industri nasional tidak belum bisa mengarah ke status sustainable industry. Pasalnya, industri strategis memiliki posisi strategis sebagai penyuplai bahan baku bagi sektor industri lainnya.

Oleh sebab itu, Kadin Indonesia menilai sektor hulu industri perlu mendapatkan perhatian serius dalam penataan struktur industri nasional. Selain memasok berbagai jenis bahan baku untuk industri lainnya, industri petrokimia hilir juga menjadi menyuplai berbagai kebutuhan harian masyarakat.

Industri petrokimia sebenarnya dapat memberikan kontribusi yang besar kepada negara untuk mengurangi ketergantungan impor bahan baku, menambah devisa dari produk-produk yang dapat diekspor, serta membuka lapangan kerja yang luas.

"Lebih dari itu, industri petrokimia juga punya posisi strategis dalam pembangunan industri secara keseluruhan dalam rantai produksi lintas sektor industri," ujar Rauf Purnama, Ketua Komite Tetap Industri Kimia & Petrokimia Kadin Indonesia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×