kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kawan Lama Sejahtera ikut berkontribusi dalam kemajuan industri 4.0


Rabu, 12 Desember 2018 / 20:24 WIB
Kawan Lama Sejahtera ikut berkontribusi dalam kemajuan industri 4.0
ILUSTRASI. Produk kebersihan Viper dari PT Kawan Lama Sejahtera


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kawan Lama Sejahtera, distributor penyedia peralatan industri teknik dan komersial di Indonesia ikut berkontribusi bisnis dalam kemajuan industri 4.0. Hal ini mengingat kebutuhan dunia industri yang terus bergeser dan terus beradaptaasi dengan teknologi terbaru.

Tony Sartono, Komisaris Kawan Lama Sejahtera menjelaskan, pihaknya menghadirkan solusi dengan memberikan support lewat teknologi seperti robotic, automation, sehingga ke depannya bisa menjadi partner bagi para perusahaan industri. 

"Kita menjual alat-alat dan perangkat robotiknya. Tak hanya itu juga ada layanan yang juga bisa membantu pengoperasiannya," kata Tony kepada Kontan.co.id, Rabu (12/12).

Menurut Tony, kebutuhan teknologi otomatisasi dibutuhkan pelaku industri sejak dua tahun belakangan. Hal ini untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan. "Di 2019 kami lihat kebutuhan tersebut meningkat. Tahun ini bisnis kami meningkat 13% sampai 15%. Tahun depan kami targetkan minimal pertumbuhannya sama dengan tahun ini," paparnya.

Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, Kawan Lama sudah menyiapkan ragam solusi untuk sektor industri manufaktur di Indonesia. Pertama, tim R&D Engineering yang mengedepankan sistem Internet of Things (IoT) untuk multi industri di berbagai lini bisnis. 

Di antaranya dengan merancang konsep teknis dalam 2D & 3D, untuk mendukung customer dalam implementasi Internet of Things (IoT) dan Automation agar sejalan dengan Industri 4.0.

Kedua, dalam industri manufaktur, mesin merupakan bagian penting dalam proses produksi. Itulah sebabnya, perawatan mesin menjadi faktor terpenting. Untuk mendukung kelancaran proses produksi, maka pemeliharaan dalam mesin industri harus memiliki sistem predictive maintenance dan preventive maintenance lewat internet of things (IoT). 

Lewat sistem predictive maintenance, dapat menganalisa hasil kerja dari semua sistem yang ada pada mesin serta peralatan industri yang beroperasi. Sementara, lewat sistem preventive maintenance, Kawan Lama menawarkan sistem pemeliharaan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mesin.

Ketiga, untuk merespons permintaan pasar lebih cepat dan meningkatkan efisiensi, Kawan Lama juga mengembangkan sistem Automation, yakni dengan mengotomatisasi ASRS (Automatic Storage and Retrieval System) adalah sistem yang digunakan untuk menyimpan atau mengambil barang pada rak bersusun, dengan tujuan mempersingkat waktu dalam proses penyimpanan dan pengambilan barang. 

AGV (Automatic Guided Vehicle) merupakan mobil robot yang dapat berjalan sesuai jalur yang ditentukan dan sesuai dengan kebutuhan. Terdapat juga Shuttle System, Palletizing, Arc Welding, Painting System, Material Handling, dan beberapa kolaborasi lainnya. "Pelanggan terbesar kami saat ini misalnya di sektor CPO ada Wilmar Group, makanan ada Indofood grup dan di sektor otomotif misalnya Toyota Group," papar Tony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×