kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kehadiran Peternak Milenial Binaan BBPP Binuang Diapresiasi Kementan


Jumat, 11 Maret 2022 / 10:53 WIB
Kehadiran Peternak Milenial Binaan BBPP Binuang Diapresiasi Kementan
ILUSTRASI. Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi memberi arahan pada Bertani on Cloud yang diikuti peternak milenial Tapin.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Luasnya wilayah Indonesia dan pandemi Covid-19 tak menghambat upaya Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mencetak petani milenial unggulan. Program Bertani on Cloud [BoC] melalui virtual zoom meeting menjadi wahana virtual mengulas aneka peluang menghasilkan cuan dari sektor pertanian.

Program BoC terkini mengulas 'Model Kemitraan Usaha Ternak Kambing' dengan narasumber Junaidi dan Wildan Indra Ramadan dari P4S Bumi Kaya. Kedua petani milenial dari Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan hadir bersama Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi pada Kamis (10/3).

Menteri Pertanian  Syahrul Yasin Limpo mendorong penguatan peran petani milenial di seluruh Indonesia, melalui aneka program edukasi pertanian secara masif seperti BoC sebagai program virtual utama dari Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP (Puslatan).

"Penumbuhan petani milenial harus terus didorong secara masif, tujuannya mengotimalkan partisipasi aktif generasi milenial ke sektor pertanian agar pertanian Indonesia semakin tangguh," kata Syahrul yang dikutip Dedi Nursyamsi saat membuka BoC Volume 161 dalam siaran pers, Jumat (11/3).

Baca Juga: Aria Raih Pendanaan Pre-Seed dari GK Plug and Play Indonesia

Menurutnya, Mentan mengajak, mendorong hingga mendukung generasi milenial mengembangkan minat pada pertanian, sehingga dapat memperbanyak start up pertanian seperti dilakukan Junaidi dan Wildan IR dari Tapin, Kalsel.

Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) akan mendorong Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) maupun Balai Pelatihan Pertanian (BPP) selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari BPPSDMP menggandeng petani milenial yang tergolong maju, mandiri dan modern untuk hadir pada program Bertani on Cloud secara rutin.

Langkah tersebut dilakukan, katanya, dengan melibatkan BBPP Binuang menjadi 'tuan rumah' BoC volume 161 mengusung tema 'Model Kemitraan Usaha Ternak Kambing' sehingga semangat dan kinerja peternak kambing kekinian, Junaidi dan Wildan IR dari Tapin dapat diresonansi oleh petani milenial di seluruh Indonesia.

"Pertanian yang baik apabila dikelola dengan baik dan benar didukung teknologi dan inovasi sehingga akan menghasilkan cuan. Kinerja dan output yang sebanding akan memicu resonansi bagi generasi milenial menjadi followers sosok milenial tersebut," kata Dedi Nursyamsi. 

Baca Juga: Kementan Maksimalkan Pemanfaatan Internet of Things untuk Pikat Milenial

Dia mengingatkan pentingnya pengelolaan limbah hasil produksi pertanian dengan baik dan benar didukung teknologi juga akan menghasilkan cuan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×