kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kelistrikan hadapi disrupsi, PLN gandeng empat PTN dan LIPI untuk cari SDM unggul


Kamis, 28 November 2019 / 18:25 WIB
Kelistrikan hadapi disrupsi, PLN gandeng empat PTN dan LIPI untuk cari SDM unggul
ILUSTRASI. PLN dan Univesitas kerjasama SDM Ketenagalistrikan


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Sebagai upaya meningkatkan kapasitas penelitian dan pengembangan (Litbang), PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjalin kerjasama dengan 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Keempat itu adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca Juga: PLN akan mengikuti kebijakan dari pemerintah soal tarif listrik

Kerjasama ini bertujuan untuk menjawab tantangan dunia kelistrikan yang tidak luput dari disrupsi teknologi yang menyebabkan keadaan VUCA (Volatile, Uncertainty, Complex, Ambiguous). 

PLN menyadari bahwa riset dan pengembangan berkualitas dan inovasi unggul, bisa diraih dengan membangun suatu sistem sinergi antara PLN dan Perguruan Tinggi serta Lembaga Penelitian lainnya.

Perjanjian Kerjasama ditandatangani oleh General Manager Puslitbang PLN Bagus Setiawan dengan 4 PTN dilakukan di kantor Pusat PLN, disaksikan oleh Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani dan Direktur Human Capital Manajemen PLN Muhamad Ali.

Melalui Perjanjian Kerjasama ini, seluruh pihak sepakat PLN untuk melakukan penelitian bersama (Joint Research) pada beragam bidang.

Penelitian ini penting dilakukan karena peran Litbang adalah sebagai indera dari perusahaan, yang diharapkan mampu menangkap signal dilingkungan bisnis PLN, untuk kemudian diproses menjadi pengetahuan dan rekomendasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan. 

Baca Juga: Menristek tegaskan komitmen pemerintah mengembangkan sepeda motor listrik

"Sinergi PLN Puslitbang bersama 4 PTN dan LIPI mendukung keberlangsungan bisnis perusahaan melalui hasil riset dan pengembangan yang berkualitas, menghasilkan inovasi yang unggul" Ungkap Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani. 

PLN bersama PTN dan LIPI akan berkontribusi dalam penelitian Renewable Energy dan Energy Storage sebagai upaya elektrifikasi daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang sulit diakses, serta penerapan IOT kedalam jaringan listrik menjadi Smart Grid. Kerjasama penelitian ini mencakup 5 bidang yaitu pembangkitan, transmisi, distribusi, bisnis korporat, dan niaga.

Dengan sinergi ini diharapkan dapat memberikan inovasi-inovasi guna pemutakhiran teknologi baik yang berkaitan dengan elektrifikasi dan operasional infrastruktur ketenagalistrikan, juga peningkatan pelayanan pelanggan.

Selain kerjasama di bidang bisnis ketenagalistrikan, PLN juga bekerjasama di bidang sosial yang  berwujud program “Sustainable Development Goals (SDG) dan Micro, Small, Medium Sized Enterprise (MSME) Funding Programme” dengan menggunakan dana CSR PLN.

Baca Juga: PLN dan BPN teken komitmen untuk permudah pengadaan lahan proyek listrik

PLN bekerjasama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI dengan penyaluran dana sebesar Rp. 207.999.930 untuk pengabdian masyarakat. 

Pada 2019 terdapat 3 program yang dijalankan yaitu Program Pencegahan Stunting di Banten, Modernisasi Produksi Black Garlic di Kelompok Wanita Tani di Sembalun Lombok, serta Pengembangan Usaha Bandeng Rorod Kampung Nelayan Bungin Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×