kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkomarves Apresiasi Penanaman Mangrove KCN


Sabtu, 04 Juni 2022 / 18:41 WIB
Kemenkomarves Apresiasi Penanaman Mangrove KCN
ILUSTRASI. (Dari kiri) Kepala Bidang Pengendalian Pemanfaatan dan Pelestarian Hutan Kemenko Marves Fatma Puspitasari, , Dirut BUP PT. KCN Widodo Setiadi


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Karya Citra Nusantara mendukung pelestarian alam berkelanjutan di wilayah Pelabuhan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara sebagai bagian dari mewujudkan gerakan penghijauan pelabuhan (green port).

Selanjutnya di Pelabuhan PT KCN Marunda di Jalan Jayapura nomor 1 KBN Cilincing, Jakarta Utara pada Jumat, penanaman bibit mangrove merupakan lanjutan program tahap II di Hutan Bakau yang berada di area Terminal Umum KCN pier 2 dan pier 3 sepanjang 1.100 meter.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Kordinasi Maritim & Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, Kementerian Perikanan & Kelautan, Kantor OP. Utama Tanjung Priok, dan Institut Pertanian Bogor. IPB memberikan masukan atas jenis mangrove yang cocok ditanam yaitu jenis Rhizopora Muncronata.

Tanaman bakau jenis tersebut ketika tumbuh dapat mencapai ketinggian 30 meter. Selain penanaman mangrove, KCN juga sudah menanami kawasan yang dikelolanya dengan pohon jenis spathodea sebanyak 120 pohon dengan ketinggian kurang lebih tujuh meter.

Baca Juga: Lahan Gambut di Asia Tenggara Diperkirakan Seluas 24 Juta Hektare

Koordinator Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Hutan Menko Maritim dan Investasi, Fatma Puspitasari, mengatakan, pihaknya mengapresiasi tindakan KCN menanam mangrove.

“Inisiatif giat tanggung jawab sosial dan lingkungan khususnya pada giat penanaman mangrove ini merupakan kontribusi dunia usaha yang patut kita banggakan. Sebagaimana kita ketahui bersama, Presiden Joko Widodo telah menegaskan target rehabilitasi mangrove nasional seluas 600.000ha pada tahun 2024,“ katanya, Sabtu (4/6).

Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara Widodo Setiadi saat ditemui wartawan di Jakarta Utara, Jumat, mengatakan upaya pelestarian alam berkelanjutan itu sebelumnya telah melaksanakan penanaman bibit Mangrove Tahap I sepanjang 600 meter di perimeter selatan terminal umum PT KCN pada tahun 2017.

"Ini merupakan upaya kami untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan atau disebut juga 'green port'," ujar Widodo dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Pesan Menteri LHK pada Pembukaan Gelaran G20-EDM CSWG

Penanaman mangrove jenis rhizopora mucronata tahap II yang berlangsung awal Juni 2022 itu akan diikuti oleh penanaman tahap III di kawasan Pelabuhan KCN Marunda dan telah disesuaikan dengan desain yang terdapat dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Acara penanaman mangrove sebagai bagian dari mewujudkan 'green port' itu dihadiri, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Marunda Capt Isa Ansyari, Camat Cilincing Muhammad Andri, Lurah Idham Mugabe, dan Kepala PMI Jakarta Utara Rizal.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KCN juga memberikan bantuan kemanusian dalam bentuk uang tunai sebesar 139.500.000 (seratus tiga puluh sembilan juta lima ratus ribu rupiah) kepada PMI Jakarta Utara.

Badan Usaha Pelabuhan Karya Citra Nusantara merupakan pelabuhan pendukung Pelabuhan Internasional Tanjung Priok yang khusus melayani bongkar muat barang curah.  Pelabuhan ini merupakan proyek strategis infrastruktur pendukung program tol laut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×