kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KemenkopUKM kembangkan UMKM pariwisata KEK Likupang, Minahasa Utara


Kamis, 24 September 2020 / 20:23 WIB
KemenkopUKM kembangkan UMKM pariwisata KEK Likupang, Minahasa Utara
ILUSTRASI. Pelatihan UMKM pariwisata KEK Likupang, Sulawesi Utara.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mewujudkan komitmennya dalam mengawal program pelatihan bagi UMKM di 5 Destinasi Super Prioritas.

Secara maraton Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Deputi bidang SDM Arif Rahman Hakim telah melaksanakan pelatihan sejak dibukanya PSBB pada bulan Juni, mulai dari Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo dan diakhiri di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Teten Masduki mengungkapkan, UMKM sangat merasakan dampak pandemi Covid-19. Banyak UMKM d iantaranya yang rontok, tutup dan gulung tikar sehingga menimbulkan bertambahnya jumlah pengangguran. Teten berharap, kini saatnya UMKM kembali bangkit atau rebound.

Baca Juga: Dorong pengembangan IKM, begini strategi Kemenperin

"Para pelaku UMKM termasuk UMKM di daerah pariwisata terpukul oleh pandemi covid-19 ini. Pemerintah tentu tidak ingin membiarkan UMKM jalan tertatih-tatih dan lunglai," kata Teten dalam siaran pers tertulis yang diterima Kontan.co.id pada Kamis (23/9).

Meski demikian, saat ini masih ada UMKM yang mampu bertahan, bahkan tumbuh. UMKM tersebut adalah yang sudah terhubung dengan platform digital. Hingga saat ini baru 13% atau 8 juta pelaku usaha yang terhubung dengan ekosistem digital.

"Saya sudah diperintahkan Bapak Presiden untuk segera melakukan transformasi digital UMKM dari offline ke online, karena banyak sekali manfaatnya selain untuk mendorong kenaikan omset, juga untuk akses pembiayaan," jelas Teten.

Deputi bidang Pengembangan SDM KemenkopUKM Arif Rahman Hakim mengungkapkan, pelatihan ini merupakan serangkaian kegiatan untuk mendukung daerah wisata unggulan. Pelatihan ini sasarannya agar pelaku koperasi UMKM bisa eksis dan beradaptasi di era new normal saat.

"Kami memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan mereka, serta kami berharap para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya secara online. UKM yang eksis yang bisa menggunakan teknologi digital yang antara lain untuk pemasaran produk," harap Arif.

Pihaknya juga mendorong pelaku UMKM produk-produknya bisa dipasarkan melalui katalog pemerintah, melalui aplikasi bela pengadaan.

Baca Juga: Begini upaya pemerintah untuk menyelamatkan industri penerbangan

Dalam pelatihan inipun diberikan materi tentang bagaimana menggunakan aplikasi bela pengadaan dan aplikasi pasar digital. Arif Rahman juga mendorong supaya produk UMKM dibeli oleh BUMN.

Adapun, pelatihan UMKM pariwisata KEK Likupang, Minahasa Utara tersebut digelar pada 24 hingga 27 September 2020 di Hotel Sultan Raja Watutumou ini diikuti oleh para UMKM di Sulut. Mereka dibagi menjadi beberapa kelas untuk menghindari kerumunan banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×