kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kemenperin mengajak diskusi investor mobil Esemka


Senin, 05 Maret 2012 / 10:38 WIB
Kemenperin mengajak diskusi investor mobil Esemka
ILUSTRASI. Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Tudingan sebagian pihak mengenai kurangnya perhatian dan dukungan pemerintah terkait pengembangan mobil Esemka sebagai mobil nasional dibantah oleh Kementerian Perindustrian. Sebagai bukti, Menteri Perindustrian MS Hidayat menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengajak investor mobil Esemka untuk berbincang mengenai strategi dan tahap-tahap yang perlu disiapkan dalam hal pengembangan mobil Esemka ke depan.

“Saya akan ajak bicara pihak investornya. Ada banyak hal yang perlu kita siapkan bersama. Industri mobil itu padat modal (capital intensive), padat karya (labour intensive), dan juga padat teknologi. Kita juga harus mempersiapkan masalah supply chain (pasokan bahan bakunya). Belum lagi masalah-masalah hukum agar proses produksi tidak menyalahi aturan. Ini semua harus direncanakan. Disiapkan,” kata MS Hidayat saat ditemui di Jakarta, Senin (5/3).

Lebih lanjut, hal yang perlu diperhatikan adalah pilihan mesin yang akan dipakai Esemka yang berpengaruh pada para pesaing yang akan langsung dihadapi oleh mobil Esemka begitu terjun ke pasar industri otomotif nasional.

Terkait gagalnya uji emisi yang baru dijalani oleh mobil Esemka, MS Hidayat mengungkapkan, pihaknya tidak bisa mengintervensi lantaran proses tersebut memang wajib dilewati oleh seluruh pelaku industri otomotif tanpa terkecuali. Dengan kegagalan tersebut, ia berharap pihak mobil Esemka bisa menemukan kelemahan dan segera mampu berbenah.

“Ada positifnya juga dengan kegagalan (uji emisi) itu. Dengan begitu mereka segera tahu kelemahannya apa. Dari situ segera dibenahi. Yang pasti saya juga berkepentingan agar (mobil Esemka) ini berkembang. Saya juga ingin kita punya mobil nasional,” ungap MS Hidayat.

Sementara itu, terkait program Kemenperin sendiri, Hidayat menyatakan bahwa pihaknya juga telah memiliki peta jalan (roadmap) industri nasional hingga 2025 mendatang. Proses diskusi yang digagas disebut, lanjut Hidayat, berguna untuk menyeleraskan proses pengembangan mobil Esemka.

“Esemka juga katanya nggak mau langsung produksi secara nasional, melainkan per daerah. Jadi, misalnya, Solo dulu, lalu mana lagi, baru menyeluruh ke Indonesia. Ini semua kan perlu diselaraskan (dengan program Kemenperin). Jadi masih banyak yang perlu disiapkan. Tapi kami pasti akan selalu bantu. Kami berkepentingan untuk itu,” pungkas MS Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×