kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian ESDM Bakal Lelang 8 Blok Tambang Pekan Depan


Senin, 25 Maret 2024 / 18:25 WIB
Kementerian ESDM Bakal Lelang 8 Blok Tambang Pekan Depan
ILUSTRASI. Ilustrasi PR Kementerian ESDM. KONTAN/Baihaki/20/10/2016


Reporter: Filemon Agung | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melakukan lelang blok tambang mineral dan batubara pada pekan depan. Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara Julian Ambassadur Shiddiq mengatakan, sebanyak 8 blok tambang bakal dilelang ulang.

"Minggu depan rencananya akan dilelang 8 blok lagi," kata Julian kepada Kontan, Senin (25/3).

Julian memastikan, 8 blok tambang minerba yang akan dilelang ulang merupakan blok-blok yang gagal lelang pada tahun 2023 lalu. Meski demikian, Julian menegaskan tidak ada perubahan ketentuan dalam lelang ulang kali ini.

Sebelumnya, Kementerian ESDM melelang 19 blok tambang pada tahun 2023. Sebanyak 9 blok tambang dipastikan memiliki pemenang.

Baca Juga: Kebijakan HGBT Beri Banyak Manfaat Bagi Industri Kaca Lembaran dan Pengaman

Sembilan blok tambang tersebut antara lain, Blok Brang Rea (emas) dengan pemenang PT Tambang Sukses Sakti, Blok Semidang Lagan (Batubara) oleh PT Kharisma Raflesia Utama, Blok Nibung (Batubara) oleh PT Mustika Energi Lestari, Blok Marimoi I (Nikel) oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan Blok Gunung Botak (emas) oleh PT Merdeka Tambang Jaya.

Selanjutnya, Blok Kaf (Nikel) dengan pemenang PT Mineral Jaya Molagina,  Blok Merapi Barat (Batubara) oleh PT Merapi Energy Coal, Blok Foli (Nikel) oleh PT Wasile Jaya Lestari dan Blok Lililef Sawai (Nikel) oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Pelaksanaan Lelang WIUP ini diikuti oleh total 130 peserta yang menyampaikan dokumen persyaratan lelang terhadap 19 blok WIUP yang dilelang.

Pada lelang ulang gelombang I, terdapat delapan WIUP yang dilelang ulang, yaitu Blok Lolayan, Blok Marimoi I, Blok Gunung Botak, Blok Semidang Lagan, Blok Brang Rea, Blok Taludaa, Blok Nibung, dan Blok Kaf.

Baca Juga: Tarik Ulur Kebijakan Harga Gas Murah untuk Sektor Industri Terus Berlanjut

Lelang ulang Gelombang I ini merupakan pelaksanaan lelang ulang atas lelang WIUP yang sebelumnya sudah dilaksanakan pada Bulan Oktober 2023 berdasarkan Pengumuman Nomor 1.PM/MB.03/MEM.B/2023.

Sedangkan pada lelang Gelombang II, terdapat Blok Mulya Agung, Blok Ulu Rawas, Blok Bayung Lencir, Blok Lingga Bayu, Blok Merapi Barat, Blok Tumbang Nusa, Blok Pasiang, Blok Pumlanga, Blok Foli, Blok Lililef Sawai, dan Blok Natai Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×