kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian ESDM berencana umumkan pemenang lelang WK migas tahap II pada pekan ini


Rabu, 07 Agustus 2019 / 14:57 WIB
Kementerian ESDM berencana umumkan pemenang lelang WK migas tahap II pada pekan ini


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menutup proses pengumpulan dokumen untuk lelang Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi (WK Migas) tahap II pada 5 Agustus 2019.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Djoko Siswanto bilang sejauh ini belum ada perubahan jumlah Badan Usaha (BU) yang mengakses dokumen lelang. "Iya, masih yang 13 itu," ujar Djoko di Kantor Kementerian ESDM, Selasa (6/8).

Sayangnya, Djoko enggan mengungkapkan jumlah BU yang mengumpulkan dokumen lelang. Lebih jauh Djoko menyebut, Kementerian ESDM berencana mengumumkan hasil lelang dalam waktu dekat. "Insyaallah pekan ini," kata Djoko.

Baca Juga: Inpex kebut proyek Masela, kini sosialisasi Amdal dan konsultasi publik

Kontan.co.id mencatat,  Keempat blok migas terdiri dari tiga WK eksplorasi yakni West Ganal, Bone, Kutai dan satu WK eks-produksi yakni West Kampar.

WK Kutai di Kalimantan Timur memiliki luas area 7.350 kilometer persegi (km²) onshore dan offshore. Djoko mengungkapkan potensi yang besar di WK Kutai terdorong oleh sejumlah faktor antara lain lokasi yang berdekatan dengan WK Sanga-sanga.

Selain itu data-data menyebutkan tersambungnya lapisan bawah tanah sehingga memungkinkan banyak hydrocarbon.

Signature Bonus (SB) yang ditetapkan Kementerian ESDM sebesar US$ 2,5 juta dan Komitmen Kerja Pasti (KKP) meliputi studi Geologi & Geofisika (G&G) dan akuisisi, serta processing seismic 3D 1.000 km².

Baca Juga: Terus upayakan penanganan, Pertamina siap bentuk komite bersama soal kompensasi

WK Bone juga memiliki besaran SB yang sama yakni US$ 2,5 juta. Sementara itu Komitmen Kerja Pasti dari WK seluas 8.140 km² meliputi studi G&G dan akuisisi, serta processing seismic 3D 500 km².

Sementara itu West Ganal dengan luas 1.120 km² di Offshore Makassar Strait memiliki besaran SB US$ 29 juta dan komitmen pasti senilai US$ 151,84 juta.

Djoko menyebut ada sejumlah perubahan pada WK West Ganal pada lelang tahap kedua ini. "Yang berubah minimum SB US$ 15 juta naik jadi US$ 29 juta serta komitmen tiga tahun pertama dari 400 km² jadi 600 km²," jelas Djoko, beberapa waktu lalu.

Satu WK lain yakni WK West Kampar yang terletak di Onshore Riau seluas 894,48 km². SB yang ditetapkan sebesar US$ 5 juta dengan besaran KKP US$ 64,43 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×