kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian ESDM gelar lomba hemat energi


Senin, 23 April 2018 / 16:17 WIB
Kementerian ESDM gelar lomba hemat energi
ILUSTRASI. Ilustrasi Kementerian ESDM


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demi meningkatkan kesadaran akan pentingnya hemat energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Lomba Hemat Energi (LHE) Gedung Perkantoran di Lingkungan Kementerian ESDM.

Lomba ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif seluruh pegawai di seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian ESDM akan perlunya penerapan efisiensi dan konservasi energi, manajemen energi, serta inovasi dalam rangka efisiensi energi pada bangunan gedung. "Kami tidak ingin menjadi unit yang hanya membuat kebijakan saja, tetapi mulai sekarang kami implementasikan pada bangunan di lingkungan kantor kami," ujar Rida Mulyana, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) dalam keterangan tertulis Senin (23/4).

Sektor bangunan dan gedung merupakan salah satu pengguna energi besar yang ditunjukkan dengan konsumsi energi sebesar 36 juta setara barel minyak (SBM). Potensi penghematan penghematan energi pada sektor ini sebesar 10%-30%. 
Penghematan ini dapat dicapai, baik dari operasi dan pemeliharaan gedung yang sesuai dengan prinsip-prinsip konservasi energi, maupun dengan penggantian peralatan. Berbagai regulasi dan program telah dibentuk untuk mengajak stakeholder dan seluruh masyarakat melaksanakan konservasi energi dengan berhemat energi, yaitu menggunakan energi secara efisien dan rasional tanpa mengurangi produktivitas, keamanan dan kenyamanan.

Pelaksanaan lomba akan dimulai dengan sosialisasi dan walkthrough audit pada bulan April-Mei 2018 dan berakhir dengan pengumuman pemenang pada 22 April 2019.

Rida juga menegaskan perilaku hemat energi membutuhkan waktu dan proses serta konsistensi untuk terus melaksanakannya. Dia mengharapkan lomba ini tidak sekadar sebagai event tapi mampu menumbuhkan budaya hemat energi bagi seluruh elemen pegawai KESDM.

"Kami berharap rekan-rekan (pegawai KESDM) dapat menjadi agent of change hemat energi, mulai dari sadar, punya niat, diucapkan, melaksanakan, menjaga keberlanjutan, dan di ujungnya tumbuh budaya peduli dan hemat energi," pungkas Rida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×