kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian Kominfo siapkan uji coba jaringan 5G


Selasa, 17 April 2018 / 16:52 WIB
Kementerian Kominfo siapkan uji coba jaringan 5G
Perkenalan Jaringan 5G oleh Ericsson


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jaringan 5G semakin gencar diperkenalkan. 

Direktur Telekomunikasi Khusus, Penyiaran Publik dan Kewajiban Universal Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail mengatakan, saat ini teknologi 5G masih dalam masa evaluasi. Menurutnya teknologi 5G akan diterapkan di Indonesia saat jaringan ini sudah matang. “Sekarang kami sedang mempersiapkan frekuensi yang dibutuhkan 5G,” kata Ismail Selasa (17/4).

Ismail menambahkan, pihaknya juga akan melakukan uji coba jaringan 5G dengan salah satu operator jaringan, Telkomsel pada Agustus 2018 ini. “Belum komersil,” ujarnya.

Sementara untuk menuju komersil, Ismail menjelaskan hal itu tergantug dari kesiapan industri dan operator. Sebab, saat jika terlalu cepat dikhawatirkan masa riset dan pengembangan (RnD) dari 5G yang belum selesai justru memakan biaya lebih.

Ismail bilang, nantinya 5G juga akan menggunakan infrastruktur Palapa Ring yang merupakan jaringan berbasis fiber optik. “5G akan memanfaatkan infrastruktur keseluruhan dari fiber optik, jadi tidak berdiri sendiri,” jelasnya.

Salah satu perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi, Ericsson juga mengapresiasi proyek infrastruktur Palapa Ring. Presiden Direktur Ericsson Indonesia Jerry Soper mengatakan infrastruktur merupakan backbone bagi 5G agar bisa beroperasi dengan baik. “Saya pikir dengan itu pemerintah sangat suportif,” katanya.

Untuk mengaplikasikan 5G, Jerry menjelaskan operator jaringan juga harus mempersiapkan jaringan 4G yang matang. Jaringan 5G diyakini dapat memberikan kecepatan lebih cepat dan latency yang lebih rendah. Selain itu, jaringan 5G diyakini Ericsson bisa menekan biaya hingga 10 kali lebih rendah per gigabyte.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×