kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Kenalkan Prangko, Pos Indonesia Bikin Pameran dan Kompetisi Filateli Internasional


Kamis, 04 Juli 2024 / 10:42 WIB
Kenalkan Prangko, Pos Indonesia Bikin Pameran dan Kompetisi Filateli Internasional
ILUSTRASI. Salah satu pengunjung melakukan transaksi di pameran dan kompetisi Filateli Internasional 2024 di Pos Bloc Jakarta.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pos Indonesia resmi membuka pameran dan kompetisi Filateli Internasional 2024 pada Rabu, 3 Juli 2024. Pameran ini akan berlangsung selama lima hari di Pos Bloc Jakarta. Pos Indonesia berharap, agenda ini bisa meningkatkan nilai dan eksistensi prangko-prangko Indonesia dari level nasional hingga ke level internasional.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pos Indonesia Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman mengatakan, acara ini menjadi ajang dan momentum untuk meningkatkan nilai sekaligus mempertahankan eksistensi prangko Indonesia di mata dunia. "Harapannya kalau bicara tentang stamp, tentang prangko meski penggunaannya sekarang berkurang tapi perangko menjadi collectable items. Nah kami berharap prangko-prangko ini terus menjadi collectable items yang nilainya semakin hari semakin tinggi," ujar Endy.

Endy berharap prangko Indonesia bisa dikenal dan dikoleksi banyak orang sehingga nilainya makin meningkat. "Harapannya melalui ekshibisi ini, kegiatan filateli dikenal masyarakat. Terutama anak-anak muda yang tidak paham mengenai prangko," jelas dia.

Baca Juga: Ini Alasan Jasa Logistik dan Kurir Lokal Harus Dilindungi

Endy menilai, antusiasme terhadap acara ini selalu tinggi. Bahkan pada tahun ini, jumlah peserta mengalami peningkatan dari acara tahun sebelumnya. "Dua tahun yang lalu kami adakan di sini juga. Jumlah pesertanya semakin meningkat, jumlah item collectables yang dipamerkan juga semakin banyak," kata Endy. Endy berharap nilai filateli Indonesia bisa meningkat di mata kolektor bukan Asia Pasifik, tapi seluruh dunia.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris menambahkan, acara ini bagian dari misi Pos Indonesia menyerukan prangko bagi generasi muda. "Kami mendukung pameran ini dalam rangka ikut menyuarakan, mensosialisakan bahwa filateli ini merupakan hobi yang positif bagi generasi. Mungkin adik-adik saya, anak-anak kita sekarang tidak mengerti filateli itu apa. Kami gaungkan secara nasional, ada filateli itu," ujar dia. 

Ketua Federasi Filateli Inter-Asia Prakob Chirakiti juga berharap makin banyak masyarakat tahu bahwa prangko bukan lagi sebagai pelengkap surat, tapi menjadi barang koleksi yang bisa menunjukkan nilai sejarah dan budaya suatu negara. "Sekarang, dengan teknologi modern, orang-orang mungkin berpikir bahwa prangko tidak terupdate. Tapi sebenarnya, masih berkembang," kata dia. Dia menambahkan, prangko juga bisa memperlihatkan betapa indah negara dalam desain prangko.

Ketua Asosiasi Filateli Indonesia Teguh Wira Adikusuma juga optimistis pameran ini menjadi sarana untuk mempopulerkan Indonesia di mata internasional. "Untuk mempopularkan Indonesia khususnya setelah tahun 50, kami sebutnya sebagai Indonesia modern," kata Teguh. 

Baca Juga: Pos Indonesia Bakal Gelar Pameran Prangko Bertaraf Internasional

Pameran dan kompetisi Filateli Internasional akan menghadirkan 250 koleksi filateli terbaik yang berasal dari berbagai negara, mulai dari Asia Pasifik, Timur Tengah, dan juga Afrika Selatan. Selain itu, ada 26 negara yang hadir sebagai peserta kompetisi, dan 32 negara sebagai peserta pameran.

Dalam pameran tersebut juga akan ditampilkan prangko pertama di dunia, prangko pertama di Indonesia, prangko Hindia Belanda termahal, hingga koleksi prangko terbaik di dunia. Tak hanya prangko, pameran tersebut juga menampilkan koleksi uang, kartu bank, serta bursa filateli dan numismatik.

Selain pameran, akan ada beberapa kegiatan menarik lainnya seperti talkshow dengan tema Tribute to Om Soesantio dan Mengenang Kontigen Garuda. Selain itu ada seminar dengan tema khusus bagi pecinta filateli.

Selan itu ada 1.000 prangko edisi khusus yang hanya dijual saat pameran berlangsung. Ada beberapa booth penjual prangko dan numismatik dari mancanegara dan domestik.

Baca Juga: Pos Indonesia Menyalurkan Bansos Tunai dan Sembako Langsung ke Rumah KPM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×