kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,22   7,82   0.87%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerjasama Starlink dengan ISP Lokal Akan Melindungi Keamanan Data Masyarakat


Senin, 29 April 2024 / 20:25 WIB
Kerjasama Starlink dengan ISP Lokal Akan Melindungi Keamanan Data Masyarakat
ILUSTRASI. In this photo illustration, the Starlink logo is seen in the background of a silhouetted woman holding a mobile phone. (Photo by Rafael Henrique/Sipa USA via Reuters)


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Starlink segera beroperasi di Indonesia. Sejatinya, internet berbasis satelit bukan hal baru. Sebelumnya, pengusaha satelit swasta nasional yang beroperasi untuk memberikan layanan telekomunikasi melalui satelit, yakni Pasifik Satelit Nusantara (PSN). 

Bahkan beberapa perusahaan satelit internasional seperti Iridium, Thuraya dan Inmarsat sudah memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia. Kehadiran mereka selama ini tidak ada resistens. Mereka bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Segmen mereka bukan ritel dan perumahan seperti Starlink di Indonesia.

Ketua Indonesia Cyber Security Forum, Ardi Sutedja mengatakan seharusnya pemerintah sebagai regulator tak hanya sekadar mengobral lisensi penyelenggaraan jasa telekomunikasi. Sebagai regulator, seharusnya  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dapat melihat keseimbangan industri telekomunikasi nasional secara jernih. Agar kehadiran Starlink ini memberikan manfaat bagi industri telekomunikasi nasional, ada baiknya kolaborasi antara perusahaan Elon Musk tersebut dengan perusahaan lokal/

"Industri telekomunikasi berpotensi rusak jika ada izin bagi Starlink menjual langsung ke masyarakat. Kolaborasi dengan internet service provider (ISP) lokal akan membuat kapasitas Starlink masih dapat dimanfaatkan untuk memberikan layanan telekomunikasi di Indonesia,” ujar Ardi, dalam penjelasannya, Senin (29/4). Starlink dapat menjual backhaul ke anggota Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Menurut saya kerjasama dengan ISP lokal merupakan langkah yang sangat fair.

Baca Juga: Pemerintah Siap Uji Coba Internet Starlink di IKN Nusantara 

Selain dapat memberikan daya ungkit bagi industri telekomunikasi nasional, Ardi mengatakan, kerjasama itu akan mempermudah pemerintah melindungi transaksi dan lalu lintas data masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan satelit orbit rendah tersebut. Melalui kerja sama dengan ISP lokal, pemerintah dapat memastikan bahwa setiap data yang melewati jaringan Starlink terlindungi dengan baik dan aman.

“Jika Starlink tak beker jasama dengan ISP lokal anggota APJII justru akan membuat potensi kerentanan perlindungan data masyarakat Indonesia semakin besar," lanjut Ardi. Menurut dia, dengan masih banyaknya daerah yang belum memiliki broadband yang memadai, peluang bisnis kolaborasi Starlink dan ISP lokal masih sangat besar. 

Selanjutnya: Kinerja ICBP Tumbuh Positif pada 2023, Cermati Rekokomendasi Analis

Menarik Dibaca: Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Manado-Denpasar, Beroperasi Mulai 3 Mei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×