kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kian inovatif, peritel mulai memperkenalkan format baru


Senin, 07 Oktober 2019 / 18:48 WIB

Kian inovatif, peritel mulai memperkenalkan format baru
ILUSTRASI. Pengunjung berbelanja kebutuhan pangan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan bisnis ritel memaksa pelaku usaha untuk inovatif dan ekspansif. Selain menambah jumlah gerainya, para peritel juga mulai mengenalkan format baru yang lebih fresh bagi pelanggan.

PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) misalnya yang akan segera menerapkan konsep gerai baru. Konsep gerai baru bernama Midi Fresh tersebut akan dikenalkan pada bulan ini.

"MIDI punya skema baru, Midi Fresh yang hanya jual fresh food. Sample-nya kami mau opening di RS Harapan Kita," ujar Arif L Nursandi, Corporate Communications Manager MIDI kepada Kontan.co.id, Senin (7/10).

Baca Juga: Aprindo: Permendag 71/2019 tentang waralaba hanya berefek ke sektor minimarket

Dia menyebut, konsep baru ini akan lebih menyasar gedung perkantoran dan area publik. Berbeda dengan gerai Alfamidi, gerai Midi Fresh akan menjual produk fresh yang dibutuhkan masyarakat seperti buah-buahan maupun lainnya. "InsyaAllah kami akan buka bulan ini. Konsep ini masih baru, masih pilot project," lanjutnya.

Senada, PT Indomarco Prismatama juga telah meluncurkan inovasi gerai Indomaret Drive Thru. Konsep ini merupakan konsep pertama di Indonesia dan dibuka di Tangerang, Banten.

Baca Juga: Duh, FOOD Pangkas Target Karena Daya Beli Melemah premium

Wiwiek Yusuf, Marketing Director Indomarco Prismatama menyebut bahwa ke depan konsep Indomaret Drive Thru akan diperbanyak. Khususnya menyasar wilayah-wilayah yang sibuk dan membutuhkan layanan drive thru. "Ini drive thru pertama untuk minimarket di Indonesia. Kami sudah siapkan ke depannya (untuk diperbanyak) saat ini baru ada satu," ujarnya.

Sedangkan PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) juga merilis konsep baru The Gourmet. Konsep ini merupakan konsep baru yang menggabungkan supermarket dengan F&B. Berbeda dengan konsep sebelumnya Ranch Market dan Farmers Market. Saat ini RANC telah membuka satu gerai The Gourmet di Surabaya, Jawa Timur.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


×