kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kimia Farma (KAEF) dan Mustika Ratu (MRAT) Jajaki Kolaborasi Bisnis


Kamis, 18 Agustus 2022 / 16:53 WIB
Kimia Farma (KAEF) dan Mustika Ratu (MRAT) Jajaki Kolaborasi Bisnis
Produk Jejamu by Mustika Ratu yang turut dipasarkan di outlet-outlet Kimia Farma Apotek.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kimia Farma Tbk (KAEF) melakukan kerja sama dengan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dalam rangka pengembangan produk dan kolaborasi bisnis. Bentuk inisiasi awal rencana kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) pada Kamis (18/8).

Direktur Pemasaran, Riset dan Pengembangan Kimia Farma Jasmine Karsono mengatakan, sinergi antara Kimia Faram dan Mustika Ratu nantinya dapat dikembangkan ke dalam berbagai bentuk kerja sama. Mulai dari produk dan jasa, pemasaran dan distribusi produk untuk omni channel, pengembangan dan suplai produk berbasis minyak atsiri, toll manufacturing, serta pengembangan portofolio produk baik produk baru maupun eksisting.

Jasmine bilang, Kimia Farma bergerak di bidang health care dan secara historis memang memrpoduksi obat-obatan. Tetapi sudah saatnya, Kimia Farma juga melihat ke bagian lain dari industri health care untuk bagian non farmasi.

"Kami ada 48 distirbution centre di seluruh Indonesia, kami ada apotek lebih dari 1.100, kami punya klinik. Sementara itu Mustika Ratu adalah prestige heritage company lokal yang bikin jamu dan obat tradisonal serta kosmetik. Jadi ini adalah satu paduan kerja sama yang sangat besar mengembangkan bisnsi kita berdua," ungkap Jasmine, Kamis (18/8) di Jakarta.

Baca Juga: Kimia Farma dan RSCM Luncurkan Aplikasi Telemedisin

Jasmine menjelaskan, salah satu bentuk kerja sama yang tengah diinisiasi KAEF dan MRAT saat ini adalah ekspansi gerai Jejamu by Mustika Ratu di outlet-outlet Kimia Farma Apotek. Sebagai tahap awal, ditargetkan akan ada 50-100 gerai berbentuk truk atau booth Jejamu by Mustika Ratu di wilayah outlet Kimia Farma Apotek.

"Jadi di Kimia Farma Apotek produk Mustika Ratu itu sudah dijual. Itu akan kami lanjutkan terus. Tetapi ada tambahan lagi, jadi kayak truk kecil yang mereka menjual jamu, jadi orang bisa ibaratnya 'ngafe' di situ. Jadi bisa menarik juga untuk pengunjung Kimia Farma Apotek, tetapi menarik juga untuk yang beli jamu jadi ada sinerginya untuk kita berdua," jelas Jasmine.  

Dalam kesempatan yang sama, Bingar Egidius Situmorang, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk menambahkan, kerja sama yang terjalin antara KAEF dan MRAT juga mencakup kolaborasi kegiatan promosi dan pemasaran.

Melalui sinergi tersebut, baik Kimia Farma maupun Mustika Ratu dapat melakukan kerja sama event yang melibatkan aset dari kedua perusahaan. Seperti Puteri Indonesia di bawah naungan Mustika Ratu ataupun brand ambassador dari masing-masing perusahaan.

"Sehingga harapannya dengan kegiatan misalnya di outlet-outlet Kimia Farma yang potensial kami bisa bawa trafik, jadi kegiatannya di apotek di toko sehingga pembeli itu bawa trafik. Itu salah satu kegiatan yang baik buat kedua belah pihak," kata Bingar.

Selain itu, kerja sama Mustika Ratu dan Kimia Farma juga akan memperluas distribusi produk Mustika Ratu yang dipasarkan melalui jaringan Kimia Farma.

"Kami optimis dengan strategi pemasaran Mustika Ratu dan Kimia Farma melalui jaringan Kimia Farma dapat meningkatkan pencapaian yang lebih besar untuk kedua belah pihak," tuturnya.

Baca Juga: Cermati Emiten Pelat Merah yang Berkinerja Hijau dan Layak Dikoleksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×