kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kinerja ritel kuartal I tumbuh 20%


Senin, 02 Mei 2011 / 17:42 WIB
ILUSTRASI. UPDATE CORONA DI JAWA TENGAH Senin 20 Juli 2020 positif 7.381, sembuh 3667 meninggal 630 ORANG


Reporter: Yudo Widiyanto | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Kinerja bisnis ritel bakal tampil kinclong tahun ini. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memprediksi, penjualan ritel selama kuartal I-2011 tumbuh hinga 20% dibanding periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 21,6 triliun. Jadi ada potensi kenaikan menjadi Rp 25,9 triliun.

Pertumbuhan itu meliputi seluruh sektor ritel, seperti hypermart, supermarket, dan minimarket. "Kenaikan ini disebabkan pertumbuhan ekonomi yang baik dan daya beli yang meningkat," kata Ketua Harian Aprindo, Tutum Rahanta, Senin (2/5).

Omzet bisnis ritel tahun lalu diperkirakan mencapai Rp 100 triliun. Adapun omzet tahun ini ditargetkan tumbuh 20% atau menjadi Rp 120 triliun. Melihat kinerja kuartal I-2011 yang lumayan menggembirakan, Aprindo optimistis tersebut bisa tercapai.

Tutum memprediksi, kinerja pada kuartal berikutnya juga akan tampil memuaskan. Terlebih kinerja pada kuartal III yang bertepatan dengan perayaan Idul Fitri. Menurut Tutum, kinerja pada kuartal III bisa menyumbang 35% terhadap total penjualan ritel sepanjang tahun ini. "Dari semua even atau hari raya, pertumbuhan tertinggi terjadi pada hari raya idul fitri," ungkapnya.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Handaka Santosa membenarkan, adanya pertumbuhan bisnis ritel pada awal tahun ini. Menurutnya, laju pertumbuhan masih akan berlanjut karena akan ada sejumlah program yaang bisa mendorong penjualan. Contohnya, program diskon besar-besaran dengan nama Festival Jakarta Great Sale (FJGS). Kegiatan ini akan digelar serentak di 68 mal di seluruh Jakarta dan diikuti 40-50 perusahaan ritel."Kami punya konsep baru, ada unsur budaya dan pariwisata," ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×