kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,66   21,15   2.82%
  • EMAS904.000 -1,74%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

KKP: Konsumsi ikan nasional meningkat 20% selama bulan Ramadan


Sabtu, 23 Mei 2020 / 14:25 WIB
KKP: Konsumsi ikan nasional meningkat 20% selama bulan Ramadan
KKP membagikan 300 pax produk ikan berisi 5 kg per pax kepada anggota prajutir di Korem 052, Karawaci, Tangerang, Sabtu (23/5).

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat permintaan produk perikanan selama bulan Ramadan tahun ini meningkat 20% dari kondisi normal. Perminataan produk perikanan khususnya berasal dari pemasaran online. Sebaliknya, permintaan di pasar tradisional tercatat melambat.

Direktur Pemasaran Dtjen PSDKP Mahmud, mengatakan, peningkatan permintaan ikan di pasaran tak terlepas dari upaya KKP yang terus mempromosikan gemar makan ikan. Menurutnya, ikan merupakan makanan yang kaya akan protein. Ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh di tengah menghadapi pandemi corona saat ini.

Baca Juga: Menteri KKP ajak masyarakat lebaran ikan

"Karena itu, di bulan Ramadan saat ini, kebutuhan ikan meningkatkan sekitar 1,2 juta ton atau naik 20% dari bulan biasa," ujar Mahmud saat membagikan 300 pax produk ikan kepada anggota prajurit di Korem 052, Karawaci, Tangerang, Sabtu (23/5).

KKP menargetkan angka konsumsi ikan nasional mencapai 56,39 kg per kapita pada 2020.Jumlah ini diharapkan meningkat hingga 62,50 kg per kapita pada 2024. 

Hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) menunjukkan 8% penduduk Indonesia masih menghadapi permasalahan kekurangan gizi. Kondisi tersebut berpotensi menurunkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat.

"Dengan adanya program Lebaran Ikan ini, kami berharap dapat meningkatkan konsumsi ikan, termasuk di daerah-daerah yang tingkat konsumsinya masih rendah," terangnya.

Baca Juga: Edhy Prabowo memastikan KKP akan tetap melanjutkan tim Satgas 115

Dari sisi pasokan, produk perikanan, Mahmud mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala. Namun yang menjadi kendalanya adalah dari segi distribusi.

Karena itu, Menteri KKP Edhy Prabowo telah mengeluarkan surat kepada pemda dan kepolisian untuk membantu kelancaran distribusi pangan, khususnya produk perikanan. "Jadi saat ini dari sisi logistik sudah tidak ada kendala lagi. Semua produk pangan bisa lewat di mana pun," terangnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×