kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kominfo: Jaringan internet Ibukota Baru akan seandal Jakarta


Minggu, 01 September 2019 / 11:16 WIB
Kominfo: Jaringan internet Ibukota Baru akan seandal Jakarta
ILUSTRASI. MENKOMINFO-Ujicoba Hologram menggunakan Teknologi 5G

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -NUNUKAN. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan bahwa jaringan telekomunikasi Ibukota baru akan seandal Jakarta. Oleh karena itu, secara bertahap Kominfo mulai menyiapkan jaringan telekomunikasi tersebut sebelum Ibukota baru resmi beroperasi.

Rudiantara, Menteri Kominfo menyampaikan salah satu yang akan dibangun adalah Kalimantan Ring untuk menopang kebutuhan internet yang cepat dan low latency. Disamping itu juga memberikan perhatian di sektor infrastruktur pendukung lainnya.

Baca Juga: Tebar siaran TV digital, Kominfo terkendala revisi UU Penyiaran

"Soal Ibukota baru sudah pasti kami siapkan lebih dulu sebelum perpindahan dari orang-orangnya, sebelum perpindahan dari kepala negara juga unsur-unsur penyelenggara negara lainnya," ujarnya di Nunukan, Sabtu (31/8).

Operator telekomunikasi juga menyatakan diri siap untuk mendukung pengembangan ibukota baru. Misalnya PT Telekomunikasi Selular yang saat ini memiliki 1.360 BTS di wilayah Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Sedangkan di Kalimantan Timur secara keseluruhan memiliki 5.500 unit BTS.

Selain operator telekomunikasi, perusahaan penyedia data layanan PT Link Net Tbk (LINK) juga siap menebar jaringan disana. Saat ini perusahaan dengan brand First Media memang baru beroperasi di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Medan, Batam, Solo dan Semarang dengan total 617.000 pelanggan.

Baca Juga: Kemkominfo wacanakan pembangunan Kalimantan Ring

"Ini sudah disiapkan, sudah dilaporkan sebelumnya pada saat rapat terbatas kabinet yang akan menjadikan Kalimantan itu keandalannya tidak kurang seperti Jakarta saat ini," tutupnya.




TERBARU

Close [X]
×