kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komputer hibrid bisa dongkrak penjualan komputer


Senin, 15 Oktober 2012 / 09:30 WIB
Komputer hibrid bisa dongkrak penjualan komputer
ILUSTRASI. Suka Badminton? Anime bertema Badminton, Love All Play akan tayang tahun 2022


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Industri komputer domestik berharap kehadiran komputer hibrid, yaitu perpaduan komputer dan tablet di tahun ini bisa mendongkrak penjualan mereka saat kondisi pasar sedang tidak terlalu bagus tahun ini.

Direktur Bisnis Teknologi Informasi  PT Samsung Electronics Indonesia Sung Khun, bahkan  berharap adanya produk perpaduan komputer dan tablet ini bisa menumbuhkan pasar komputer menjadi 20% tahun ini.

Menurut prediksi Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), pasar komputer hingga akhir tahun ini akan mencapai 1,4 juta unit. "Dengan kehadiran komputer hibrid, penjualan PC jadi naik sampai 20%-25% atau menjadi 1,6 juta-1,7 juta unit," katanya akhir pekan lalu.
Sung bilang, komputer hibrid ini menyasar pasar komputer berharga di atas Rp 5 juta per unit yang mencuil 30% kue pasar komputer nasional.

Ia juga yakin, komputer ini bisa bersaing dengan tablet. Malah, bisa mengalihkan konsumen tablet ke produk ini. Pasalnya, komputer hibrid bisa mengetik dengan pupen komputer, lewat layar sentuh serta keyboard.

Saat ini, menurut Sung, pasar tablet mencapai 100.000 unit per bulan atau sekitar 1,2 jutaunit per tahun.

Pasar komputer sepertinya tidak terlalu menggembirakan tahun ini. Paling tidak menurut data Growth for Knowledge (GfK), penjualan komputer di semester I - 2012 turun 27% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Namun, Manajer Senior Operator dan Telekomunikasi Growth for Knowledge (GfK) Johan Pangaribuan menyatakan hingga semester satu 2012 ini GfK belum memasukkan komputer hibrid sebagai kategori komputer (personal computer). "Komputer hibrid tergolong jenis baru dan baru masuk tahun ini. Jadi, jika nanti volumenya besar, akan kami masukkan dalam kategori PC," katanya.

Dilihat dari kemampuannya, sangat mungkin komputer hibrid ini bisa menggeser selera konsumen dari tablet ke komputer hibrid.

Johan bilang untuk kategori komputer penjualan tertinggi masih disumbang laptop sebesar 804.000 unit di semester satu ini. Namun pertumbuhan penjualan tertinggi disumbang tablet yang melesat lima kali lipat di semester satu 2012 dibanding periode yang sama tahun lalu yakni mencapai 640.000 unit.

Saat ini, mulai banyak produsen elektronik yang melansir komputer hibrid. Akhir Oktober nanti, Samsung bakal melansir komputer hibrid berbasis Windows 8 yakni Activ Smart PC Atom dengan harga antara Rp 7 juta - Rp 11 juta per unit.

Sayang, Sung enggan menyebut target bisnis dari produk anyar ini. Yang jelas ia menyebut kehadiran Actic Smart ini bisa mendongkrak pertumbuhan penjualan komputer secara nasional hingga 20% di akhir tahun ini.

Selain Samsung, NEC dan Sony juga mulai mengincar pasar komputer hibrid. Malah NEC sudah lebih dulu hadir dengan produk P 5000 yang dibanderol US$ 1.599.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×