Reporter: Leni Wandira | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah dominasi pasar MPV dan SUV, MG Motor Indonesia tetap konsisten mempertahankan lini sedan mereka di pasar Tanah Air. Meski porsinya kecil, merek asal Inggris ini menyakini sedan masih memiliki ceruk pasar yang loyal dan potensial, khususnya dari kalangan anak muda.
Head of Marketing MG Motor Indonesia, Harry Kurniawan, menjelaskan bahwa secara keseluruhan, porsi segmen sedan di Indonesia memang tidak sebesar MPV maupun SUV. Namun, MG tetap melihat ada permintaan dari konsumen dengan karakteristik yang lebih spesifik.
“Jika dibandingkan dengan beberapa segmen lainnya seperti MPV dan SUV, kita bisa melihat memang proporsi pasar sedan tergolong kecil. Namun, masih terlihat ada peminatnya dari kategori konsumen yang lebih spesifik,” ujar Harry kepada KONTAN, Selasa (29/7).
Baca Juga: Bisa Diganti Tanpa Ganti Mobil, MG Perkenalkan Inovasi Baterai Ultra Slim
Salah satu model andalan MG untuk kategori sedan adalah MG 5 GT, yang mengusung desain sporty dan dinamis. Model ini diklaim berhasil menarik minat konsumen muda dengan gaya hidup aktif dan berorientasi pada penampilan.
“Sedan MG 5 GT memiliki desain sporty dan dinamis yang digandrungi oleh konsumen dengan usia yang lebih muda, menonjolkan preferensi terhadap gaya hidup dan penampilan, serta performa kendaraan,” ungkapnya.
Dari sisi performa penjualan, MG menyebut bahwa MG 5 GT berhasil menjadi salah satu yang terlaris di kelasnya dalam beberapa tahun terakhir, meski kontribusinya terhadap total penjualan MG masih terbatas.
“Di beberapa tahun terakhir, MG 5 GT berhasil menjadi pemimpin di segmen sedan menengah, unggul dari beberapa kompetitornya. Namun memang proporsinya terhadap penjualan MG secara keseluruhan bukan merupakan bagian yang besar karena memang segmen tersebut cukup kecil,” jelasnya.
Baca Juga: MG Tuntaskan Partisipasi di PEVS dengan Berbagai Catatan Positif
Untuk menjaga daya tarik sedan ke depan, MG menyiapkan beragam program menarik, termasuk untuk MG 5 GT, mulai dari skema pembiayaan ringan hingga layanan purna jual tanpa biaya tambahan.
“Kami menyiapkan program khusus kendaraan berbahan bakar bensin kami, termasuk MG 5 GT, dengan cicilan dan DP ringan, gratis asuransi selama satu tahun, garansi lima tahun tanpa batas kilometer, hingga bebas biaya perawatan dan suku cadang selama empat tahun,” ujarnya.
Namun demikian, tantangan di segmen sedan tetap besar, terutama dari sisi preferensi konsumen yang lebih menyukai kendaraan berkapasitas besar dan memiliki ground clearance tinggi, seperti MPV dan SUV.
“Tantangan di segmen sedan yang utama adalah preferensi konsumen yang kini didominasi oleh MPV dan diikuti oleh pertumbuhan minat di segmen SUV. Namun bagi peminat sedan, desain yang sporty dan pengendalian yang tajam masih menjadi daya tarik tersendiri,” pungkasnya.
Selanjutnya: Laba Bank Jakarta Melesat 24,42% Jadi Rp 421 Miliar pada Semester I-2025
Menarik Dibaca: Promo Richeese Factory Paket Pengajar Senin-Kamis, 2 Firewings + Nasi Rp 22.000-an
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News