kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,33   -18,40   -1.99%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kontribusi bisnis digital minim, Catur Sentosa andalkan ekspansi gerai fisik


Kamis, 28 Juni 2018 / 19:52 WIB
Kontribusi bisnis digital minim, Catur Sentosa andalkan ekspansi gerai fisik
ILUSTRASI. Paparan Publik Catur Sentosa Adiprana (CSAP)


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) sudah mengembangkan bisnis digital melalui Mitra10.com yang merupakan supermarket bahan bangunan. Meski begitu, kontribusi bisnis ini masih mini.

Tjia Tjhin Hwa, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk mengatakan kontribusi bisnis digital belum signifikan bagi perusahaan. Pasalnya, produk unggulan untuk penjualan masih mengandalkan produk cat dan keramik yang permintaan di online masih kurang. "Kontribusinya online masih kecil banget, masih sekitar 1% sampai 2% saja," jarnya di Jakarta, Kamis (28/6).

Menurutnya, kontribusi penjualan online kurang baik karena produk unggulan Mitra 10 adalah cat dan keramik yang ongkos kirimnya mahal bila dikirim via online.

Saat ini bebarapa produk yang paling diminati di e-commerce miliknya masih yang bahan material bangunan yang kecil-kecil yang ongkos kirimnya tak mahal. Salah satu yang paling besar permintaannya adalah keran dan roller cat.

Namun dirinya mengatakan digital terus dikembangkan karena memang saat ini tren sudah mengarah ke arah digitalisasi. Saat ini pelanggan Mitra 10 dan Atria memang lebih besar yang berbelanja langsung di gerai-gerai perusahaan.

Lantaran bisnis digital masih belum berkembang, perusahaan tetap akan melakukan ekspansi gerai. Yang terbaru, perusahaan akan mengembangkan gerai di Indonesia timur. 

Kini CSAP masih mencari lahan-lahan potensial di Sulawesi untuk pembangunan gerai tahun depan.

Tjia Tjhin Hwa bilang, pada tahun ini perusahaan hanya akan ekspansi tiga gerai. Satu gerai sudah selesai di semester I dan sisanya akan dibangun di Cikupa dan Karawang pada semester II.

"Ke depan tidak tutup kemungkinan kami akan lari ke luar Jawa. Potensi di Makassar dan Manado yang bisa merata karena tol laut dan infrastruktur Pak Jokowi sudah jadi. Indonesia timur kami akan agresif kesana," ujarnya.

Selain itu, pada tahun depan perusahaan akan ekspansi ke wilayah-wilayah yang belum terdapat gerai perusahaan. Salah satunya adalah di Jawa Tengah dan Bandung, perusahaan menyebutkan ekspansi total ekspansi akan mencapai 55 gerai sampai tahun 2021 mendatang.

Apalagi perusahaan mengatakan bahwa gerai ritelnya terus mengalami pertumbuhan cukup baik. Pada lebaran misalnya, pertumbuhan same store growth mencapai 13% karena perusahaan terus melakukan ekspansi.

"Gerai eksisting itu tumbuhnya 13%, kenapa masih tumbuh? karena Mitra 10 itu terus renovasi dan ekspansi. Tahun lalu kami tambah empat gerai sehingga pertumbuhan masih bagus, ritel pokoknya cukup bagus untuk tahun ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×