kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.909   21,00   0,13%
  • IDX 7.199   58,54   0,82%
  • KOMPAS100 1.106   11,37   1,04%
  • LQ45 878   11,64   1,34%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,23   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,42   1,13%
  • IDXV30 134   0,44   0,33%
  • IDXQ30 149   1,71   1,16%

Kontribusi Lion Parcel kepada Lion Air Group masih di bawah 1%


Selasa, 15 Januari 2019 / 16:08 WIB
Kontribusi Lion Parcel kepada Lion Air Group masih di bawah 1%


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kontribusi PT Express atau Lion Parcel masih di bawah 1% untuk Lion Air Group. Karenanya, perusahaan targetkan peningkatan volume pengiriman 10 juta kilogram per bulannya.

Farian Kirana, CEO Lion Parcel menyebutkan bahwa tahun ini perusahaan menargetkan volume pengiriman per bulan naik 5x lipat dibandingkan tahun lalu. "Tahun lalu rata-rata per bulan 2 juta kilogram, makanya tahun ini kami menargetkan hingga 10 juta kilogram," ujarnya di Jakarta, Selasa (15/1).

Dengan target tersebut, ia memproyeksikan kontribusi Lion Parcel pada Lion Air Group akan menjadi 1%. Sebabnya pada tahun lalu, kontribusi perusahaan masih sangat kecil, belum mencapai 1%. Sayang, untuk angkanya, Farian enggan mengungkapnya.

Ia juga menjelaskan terkait market terbesar perusahaan. Berdasarkan data perusahaan, pengambilan barang mayoritas berada dari Batam dan Jakarta. Sedangkan untuk pengiriman barang didominasi luar Jawa. "Untuk pengiriman Jabodetabek hanya 25%, sisanya keluar Jawa," ungkapnya.

Karenanya, untuk memberikan kontribusi yang lebih besar, perusahaan berupaya dengan gencar melakukan kerjasama dengan e-commerce dan menambah mitra. Asal tahu saja, untuk kerjasama dengan e-commerce, Fariana menyebutkan telah bekerjasama dengan beberapa marketplace besar seperti Bukalapak, Lazada, dan Blibli.

Adapun sebelumnya Lion Parcel juga bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Ia menyebutkan hasilnya pun cukup baik hingga saat ini. "Volume transaksi dengan PT Pos Indonesia sekitar 20.000 paket," ujarnya.

Kerja sama yang dilakukan disebutnya untuk pengiriman paket ke tingkat kabupaten dan desa. Selain itu, perusahaan juga melayani pengiriman hub to hub PT Pos Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×