Reporter: Bernadette Christina Munthe | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT Dian Tarunaguna, distributor tunggal peralatan kosmetik merek Shiseido asal Jepang, berencana menambah sampai 9 gerai lagi tahun ini. Direktur PT Dian Tarunaguna Haryono Budiono bilang, target lokasi gerai baru itu berada di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Solo dan Makassar.
"Di Jakarta, kami akan buka gerai di Debenhams, juga di Sogo dan Metro," kata Haryono ketika ditemui di sela Jakarta Food Security Summit, di Jakarta Convention Center, Rabu (8/2).
Haryono bilang, setiap penjualan PT Dian Tarunaguna tumbuh rata-rata 20% dari 30 gerai yang tersebar di pusat perbelanjaan Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Untuk penjualan tahun ini, perusahaan menargetkan pertumbuhan 20% sampai 25%.
"Rata-rata penjualan kami di setiap gerai berkisar Rp 150 juta sampai Rp 300 juta per bulan,” jelas Haryono yang optimistis dengan bisnis kosmetik tersebut. Anak perusahaan Sinarmas Group ini mengaku, tahun 2010 lalu perusahaan sempat kesulitan menggenjot penjualan karena ada peraturan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait pendaftaran nomor registrasi kosmetik.
Namun saat ini, Haryono bilang, perusahaan sudah bisa kembali beradaptasi. Namun begitu, ia bilang, aturan dari BPOM dan aturan dari Bea Cukai bisa mempersulit importir kosmetik. "Memang dipersulit karena pemerintah mau melindungi produk lokal. Tetapi sekarang sudah tidak ada masalah," terang Haryono.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News