kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Krakatau Bandar Samudera bangun pusat logistik berikat


Selasa, 24 September 2019 / 21:21 WIB
Krakatau Bandar Samudera bangun pusat logistik berikat
ILUSTRASI. Dermaga Krakatau Bandar Samudera di Cilegon


Reporter: Kenia Intan | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Kraktau Bandar Samudera (KBS) membangun Pusat Logistik berikat (PLB) di Kawasan Pelabuhan Cigading, Cilegon, Banten. Pembangunan PLB merupakan salah satu jalan PT KBS mencapai visinya menjadi Port Centric Integrated Logistics Company

"Pembangunan Pusat Logistik Berikat ini merupakan salah satu bentuk upaya PT KBS untuk meningkatkan pelayanan terhadap kustomer,” kata Direktur Utama PT KBS Alugoro Mulyowahyudi dalam keterangan pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (24/9).

Baca Juga: Perkuat bisnis logistik, BGR Logistics jalin kerja sama dengan Polowijo Gosari

Sekadar informasi, PLB merupakan gudang multifungsi untuk memasukkan barang impor yang belum dipungut bea masuk dan pajak impor. Keberadaan PLB dapat meningkatkan proses pelayanan kepelabuhanan dari sisi waktu dan pemangkasan biaya seperti penundaan pembayaran pajak.  

Alugoro menambahkan, KBS memilih membangun PLB karena PLB dapat memberikan penghematan bagi para pelaku usaha yang sebelumnya memiliki inventory di luar negeri.  PLB dapat dimanfaatkan bagi perusahaan sebagai pusat inventory-nya. Apalagi, banyak perusahaan menerapkan just in time untuk mengurangi modal kerja serta menjaga kas perusahaan. 

“Beberapa pemasok menempatkan stok mereka di PLB, sehingga pembeli hanya mengambil barang dan membayar sesuai kebutuhan mereka di Indonesia. Delivery time menjadi lebih singkat," ungkapnya. 

Baca Juga: Luncurkan platform baru, BGR Logistics jalin kerja sama dengan Grab Indonesia

Adapun PLB yang terletak di kawasan strategis dekat dengan pusat kawasan industri Cilegon itu melayani produk baja maupun produk lainnya. Selain dilengkapi infrastruktur transportasi yang memadai, PLB PT KBS dilengkapi dengan sistem informasi yang lengkap berbabis IT bernama Port of Cigading Information System (PoCIS).

Teknologi itu memungkinkan konsumen melihat langsung produknya melalui akses CCTV 24 Jam, serta dapat melihat laporan keluar-masuk produknya. PLB PT KBS ini juga memenuhi standar keamanan dan kelayakan open yard floor strength sebesar 5 ton/sqm, serta tersedia alat angkut berupa Forklift. 

Selain itu, pembangunan PLB ini dapat terintegrasi dengan jasa kepelabuhan KBS Group. Asal tahu saja, KBS Group memiliki jasa lain seperti PT Krakatau Jasa Logistik dengan trucking dan angkutan kargo menggunakan kereta api, PT Krakatau Argo Logistik yang melayani handling bahan baku baja.

Baca Juga: Bersiap masuk ke segmen ritel, BGR Logistics jajaki kerja sama dengan Triplogic

Tidak ketinggalan, KBS Group juga memiliki pelayanan bongkar muat melalui PT Multi Sentana Baja dan pelayanan angkutan produk baja melalui PT Wahana Sentana Baja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×