kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.667.000   5.000   0,30%
  • USD/IDR 16.349   -69,00   -0,42%
  • IDX 6.626   -116,47   -1,73%
  • KOMPAS100 984   -11,71   -1,18%
  • LQ45 775   -9,71   -1,24%
  • ISSI 202   -1,68   -0,82%
  • IDX30 401   -5,64   -1,39%
  • IDXHIDIV20 481   -8,39   -1,71%
  • IDX80 112   -1,42   -1,25%
  • IDXV30 117   -1,40   -1,18%
  • IDXQ30 133   -2,01   -1,49%

KSO HKI-ACST-NK Kebut Pengerjaan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket II


Minggu, 09 Februari 2025 / 14:08 WIB
KSO HKI-ACST-NK Kebut Pengerjaan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket II
ILUSTRASI. Kerja sama operasi (KSO) PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), PT Acset Indonusa Tbk (ACST), dan PT Nindya Karya (NK) terus mempercepat pengerjaan jalan tol Probolinggo – Banyuwangi Paket II STA 09+000 – 20+200 sepanjang 11,20 km.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kerja sama operasi (KSO) PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), PT Acset Indonusa Tbk (ACST), dan PT Nindya Karya (NK) terus mempercepat pengerjaan jalan tol Probolinggo – Banyuwangi Paket II STA 09+000 – 20+200 sepanjang 11,20 km.  Sampai dengan Januari 2025, progres pengerjaan jalan tol ini mencatatkan progres sebesar 81,91%.  

Direktur Operasi III HKI Aditya Novendra Jaya mengatakan jalan tol yang menghubungkan Kraksaan hingga Paiton ini nantinya akan tersambung dengan tol Gending – Kraksaan sepanjang 12,88 km yang telah fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru 2024 lalu.  

Baca Juga: Hutama Karya: 637.339 Kendaraan Melintasi Tol Trans-Sumatera Selama Libur Panjang

Untuk percepatan konstruksi di lapangan, KSO HKI-ACST-NK menerapkan metode deep cement mixing (DCM). 

Deep Cement Mixing (DCM) adalah metode perbaikan tanah yang digunakan untuk meningkatkan stabilitas dan kekuatan tanah dasar pada proyek konstruksi dengan metode pengeboran tanah dan diisi dengan semen.

“Penggunaan metode DCM di Proyek Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Paket II menjadi salah satu yang pertama diimplementasikan dalam pembangunan jalan tol. Biasanya metode ini digunakan kontraktor dalam membangun jenis pekerjaan gedung dan bangunan,” ungkap Aditya, dalam siaran pers, Jumat (7/2). 

Selain metode DCM, konstruksi Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Paket II HKI juga mengimplementasikan Building Information Modelling (BIM) yang didukung dengan penggunaan Light Detection and Ranging (LiDAR) untuk menghasilkan pemetaan topografi dan pembuatan model 3D dari lingkungan yang akan dibangun. 

Dengan menggunakan BIM, proses konstruksi di lapangan menjadi lebih efektif dikarenakan perencanaan konstruksi yang matang dan detail untuk mengurangi rework dan waste.

Baca Juga: Hutama Karya Bangun 83,9 Km Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) di Tahun 2024

Jika nantinya Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket II dioperasikan, tol ini akan mempercepat pengiriman logistik ke atau dari Jawa Timur dan meningkatkan kondisi ekonomi di sekitar jalan tol.

“Kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar pembangunan Tol Probolinggo – Banyuwangi Paket II Kraksaan-Paiton bisa segera kami selesaikan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya,” tutup Aditya.

Sebagai informasi, hingga saat ini HKI telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±435,92 km.

 Adapun ruas tol lainnya yang masih dalam proses konstruksi yaitu Tol Lingkar Pekanbaru (30,57 km), Betung-Jambi Seksi IA, (30,8 km) Betung-Jambi Seksi 1B (31,6 km), Betung-Jambi Seksi 2A (35,92 km), Betung-Jambi Seksi 2B (18,40 km), Betung-Jambi Seksi IV (18,5 Km), Palembang-Betung Seksi III (14,6 km), dan Palembang-Betung Struktur (10,12 km). 

Selain itu, Untuk proyek non-JTTS HKI juga tengah mengerjakan Jalan Tol Jakarta – Cikampek Selatan II Paket IIA (11,3 km).  

Baca Juga: Lampaui target, Hutama Karya raih kontrak baru Rp 34,84 triliun

Selanjutnya: Link Live Streaming Napoli vs Udinese di Liga Italia Serie A Pekan 24

Menarik Dibaca: Cara Mudah Top Up Saldo BRIZZI di Shopee dengan NFC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×