kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kualitas dan After Sales Service Kuat, Pangsa Pasar Isuzu Meningkat


Minggu, 14 Agustus 2022 / 14:46 WIB
Kualitas dan After Sales Service Kuat, Pangsa Pasar Isuzu Meningkat
ILUSTRASI. President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Ernando Demily di Booth ISUZU GIIAS 2022.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Performa kendaraan Isuzu selama ini dinilai andal dan terbukti tangguh dalam mendukung operasional perusahaan. Termasuk dalam after sales services yang memberi jaminan kendaraan tetap prima. Kendaraan Isuzu dapat diterima dengan baik di Indonesia. Penjualan dan pangsa pasar Isuzu terus meningkat. Tak hanya di Indonesia, Isuzu juga diakui secara global. Bahkan, Isuzu memimpin pasar kendaraan komersial di 45 negara. Saat ini, Isuzu sudah beroperasi di lebih dari 150 negara.

Brand image Isuzu memang kuat, terutama di sektor logistik. Varian produknya juga banyak dan lebih lengkap dari sisi ukuran,” ujar General Manager PT Dunia Express Transindo (Dunex) Christ Hermawan dalam keterangannya, Minggu (14/8).

Christ Hermawan memaparkan, sebagai perusahaan logistik, pihaknya membutuhkan kendaraan yang memiliki performa tangguh. Kendaraan itu harus tetap maksimal saat mengirim barang dari satu titik ke titik lain. Selain produk yang harus andal, layanan purna jual seperti servis dan ketersediaan suku cadang harus maksimal. 

“Saya lihat, Isuzu terus memperbaiki diri dalam memberi pelayanan ke customer. Sekarang mereka memperbaiki dan begitu responsive. Mereka menyediakan hotline dan pengawalan yang lebih direct terhadap kami,” papar dia.

Baca Juga: Tambah Investasi Rp 27,1 Triliun, Toyota Fokus Kembangkan Elektrifikasi di Indonesia

Ia mengisahkan, saat kendaraan mengalami kendala, Isuzu memberikan solusi dan langsung tanggap. Christ menambahkan, selain keunggulan-keunggulan itu, pihaknya memilih Isuzu karena berpengalaman dalam kendaraan bermesin commonrail. Isuzu sudah menggunakan mesin commonrail di produk Isuzu Giga sejak 2011. Mesin commonrail menjadi prasyarat kendaraan Euro4. Pemerintah sudah memberlakukan kebijakan Euro4 untuk seluruh produksi kendaraan truk diesel mulai 7 April 2022. 

“Ini juga menyangkut efisiensi BBM,” tutur Christ Hermawan.

Sebelumnya, Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa mengakui, perusahaannya sukses menerapkan program layanan after sales yang prima untuk perusahaan logistik. Kini, program itu diterapkan ke sektor migas, pertambangan, dan perkebunan. Program itu berupa layanan darurat 24 jam, fleksibilitas servis seperti mechanic on site atau pun part on site yang dapat mendukung operasional bisnis pelanggan langsung di lokasi kerja. 

Sejumlah program diberikan mengacu pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Secara umum, konsumen ingin produktivitasnya tinggi. Artinya, ketersediaan unit kendaraan harus tinggi dan mobil tidak boleh mogok. 

“Kami punya keunggulan komparatif luar biasa, memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia. Jaringan kami memiliki garis komando terpusat, beda dengan kompetitor yang parsial,” tutur Heri.

Dikatakan, Isuzu Command Center bisa memenuhi kebutuhan konsumen selama 24 jam dalam 7 hari seminggu ke seluruh wilayah Nusantara. Di manapun kendaraan konsumen bermasalah, bisa ditangani.

Kinerja itu diapresiasi Regional Office Executive Isuzu Motor Limited Koji Nakamura. Ia menilai, kinerja Isuzu di Indonesia mengagumkan. Menurut Koji, hal itu terlihat dari market share Isuzu yang terus bertumbuh dari 18 persen pada Juni 2019, menjadi 25 persen di Juni 2022. 

Baca Juga: Astra Grup Berharap GIIAS 2022 akan Dorong Kinerja Positif di Industri Otomotif

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52% dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit. Lalu, semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.

"Isuzu hadir di Indonesia sejak 1960 dan terus mendukung industri otomotif nasional. Indonesia kini sebagai pusat ekspor Isuzu dan menjadi dominant player,” ujar Koji Nakamura di sela-sela ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang dihelat di ICE, BSD, Tangerang, Banten, 11-21 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×