kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,01   -11,51   -1.23%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kualitas Produk Makin Diperhitungkan! PMA Jepang Gunakan Modul E-Proc Run System


Rabu, 02 November 2022 / 13:30 WIB
Kualitas Produk Makin Diperhitungkan! PMA Jepang Gunakan Modul E-Proc Run System
ILUSTRASI. Hexindo, anak usaha Hitachi Construction Machinery Co., Ltd. asal Jepang, di bidang perdagangan dan penyewaan alat berat serta pelayanan purna jual, gunakan layanan modul eProc RUN System.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Jakarta, Oktober 2022. Digitalisasi menjadi salah satu katalisator utama dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Menyadari potensi pertumbuhan ekonomi digital dan tren digitalisasi yang massif, akselerasi transformasi digital menjadi sangat penting untuk dilakukan secara kolaboratif di semua tingkatan. Sementara itu, pemerintan juga terus menghimbau optimalisasi penggunaan konten lokal di semua sektor, dengan mewajibkan membeli dan menggunakan produk dalam negeri sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

RUN System, tidak hanya sukses membantu digitalisasi di BUMN dan beberapa perusahaan swasta lainnya. Belum lama ini, PT Hexindo Adiperkasa Tbk (Hexindo), anak perusahaan Hitachi asal Jepang, menunjuk RUN System untuk membantu integrasi proses bisnis dan data melalui pengimplementasian modul procurement. Hal ini ditandai dengan acara Kick-off pada Kamis (20/11) di Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh F. Hasto Widodo selaku Direktur RUN System, Mr. Dai Tamura selaku Business Development Director Hexindo, Zahirman selaku Division Head IT Hexindo, serta perwakilan manajemen Telkom.

Hexindo adalah perusahaan yang fokus pada perdagangan dan penyewaan alat berat serta penyediaan layanan purna jual sekaligus pemegang merek resmi atas alat-alat berat dan suku cadang produksi Hitachi di Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1988 ini memiliki 22 cabang, 10 kantor perwakilan dan 13 kantor proyek pertambangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kita semua tahu, Jepang sangat terkenal dengan perkembangan teknologinya dan menjadi pionir munculnya teknologi serta inovasi baru. Bahkan teknologi Jepang sangat berpengaruh dan menjadi contoh kemajuan teknologi bagi dunia. Negeri sakura ini juga pernah tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat sepanjang sejarah dunia. Kerja sama dengan PMA Jepang ini menjadi bukti bahwa RUN System sebagai sebuah perusahaan di bidang teknologi industri asal Indonesia, kini juga dipercaya dan digunakan oleh perusahaan kelas dunia yang sangat memperhatikan kualitas produk dengan standar tinggi. Hal ini juga menambah bukti kepercayaan publik terhadap kualitas produk yang kami miliki” ujar Hasto.

Dalam siaran persnya, Hasto menegaskan pihaknya terus mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. Untuk menjaga komitmen tersebut, Run System mencoba memahami kebutuhan pasar dengan terus melakukan kolaborasi dan inovasi produk dan layanan guna memperluas market di berbagai sektor dan kelas bisnis agar dapat menghadapi tantangan di era digital ini.

RUN System, perusahaan rintisan di bidang teknologi informasi karya anak negeri ini, terus membuktikan kapabilitas produk dan layanannya untuk membantu digitalisasi di semua sektor dan industri guna mendukung program pemerintah dalam akselerasi transformasi digital di Indonesia serta misi pemerintah dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Terbukti, produk dan layanan RUN System telah digunakan di 13 sektor industri, lebih dari 13 ribu usaha/merchant, dan jumlah pengguna di atas 2 juta yang tersebar di 5 ribu lokasi.

“Dalam pengimplentasian ERP di perusahaan, bukan suatu hal yang mudah. Diperlukan komitmen dan kerjasama dari semua tingkatan, khususnya di level top management.” kata Hasto.

“Kami terus berupaya untuk beradaptasi dan memahami kebutuhan pasar sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan masing-masing perusahaan. Implementasi layanan di Hexindo adalah salah satu contoh untuk menjawab kebutuhan perusahaan terkait vendor portal dimana dengan diterapkannya sistem procurement ini, vendor dapat langsung mengakses sistem melalui portal tanpa harus melakukan transaksi secara manual dan dapat terintegrasi dengan aplikasi yang mereka miliki saat ini. Hal ini tentunya dapat membantu proses procurement menjadi lebih efisien dan efektif.“

Disisi lain, Dai Tamura, Business Development Director Hexindo, pada acara kick-off menyampaikan tujuan dari implementasi layanan RUN System ERP tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis pengadaan (procurement) di Hexindo. Pihaknya berharap RUN System dapat benar-benar mengawal proses implementasi dan integrasi tersebut sehingga dapat menghasilkan output yang maksimal. Dai Tamura juga mengatakan bahwa ini merupakan awal kolaborasi pihaknya dengan RUN System, dan tidak menutup kemungkinan setelah ini akan ada kolaborasi lanjutan terkait implementasi fungsi lain dari layanan yang dimiliki RUN System.

Menutup siaran persnya, Hasto mengatakan kolaborasi yang dilakukannya selama ini dengan berbagai pihak diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional dengan lebih optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×