Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan dengan kode emiten CLEO mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 30% mencapai Rp307,7 miliar pada Kuartal I-2022.
Peningkatan tersebut didorong oleh performa CLEO yang terus meningkat baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan sehingga Perseroan mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini.
Wakil Direktur Utama CLEO, Melisa Patricia, mengatakan, perseroan yang juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp 45,8 miliar atau meningkat 9% di Kuartal I-2022.
“Kenaikan ini tidak terlepas dari prospek AMDK yang terus bergeliat, ditambah dengan lonjakan permintaan air minum pada momentum saat ini. Oleh karena itu, kami berkomitmen akan terus menambah pabrik dan kapasitas produksi agar CLEO dapat terus memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Indonesia,” kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (12/5).
Baca Juga: Sambut Lebaran, Sariguna Primatirta (CLEO) Siapkan Strategi Penjualan
Dia menambahkan, saat ini, CLEO mempunyai dua produk yang ditawarkan kepada masyarakat yaitu botol dan non-botol. Melihat pertumbuhan AMDK yang positif, produk non-botol CLEO masih menjadi kontributor utama bagi penjualan CLEO, yaitu sebesar 51% pada Kuartal-I 2022.
Sementara kontribusi penjualan pada segmen botol meningkat menjadi 48% pada Kuartal-I 2022 dibandingkan tahun lalu yaitu 41%.
Sebagai informasi, saat ini, CLEO telah memiliki 27 pabrik pengolahan AMDK ditambah dengan 3 pabrik lainnya yang diproyeksikan akan selesai di tahun 2022.
Perseroan memiliki jaringan distribusi yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia, diantaranya Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Papua dengan total jaringan sebanyak 200 distributor internal dan 1.515 total distributor eksternal.
Baca Juga: Sariguna Primatirta (CLEO) Bidik Pertumbuhan Penjualan Dua Digit pada Tahun Ini
“Melihat prospek yang cerah dan terus meningkatnya permintaan akan air minum, ke depan kami tidak hanya menambah pabrik dan kapasitas melainkan menambah jaringan distribusi CLEO baik distributor internal maupun eksternal,” ujarnya.
Hal ini diharapkan dengan semakin tersebarnya produk dan jaringan distribusi CLEO, dapat menambah semakin banyaknya market share Perseroan. “Serta dapat memberikan CLEO untuk terus mencari peluang baru sehingga Perseroan optimis dapat memberikan kinerja lebih baik lagi hingga akhir tahun ini,” tutup Melisa.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News