kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kuartal III, AirAsia angkut 2,8 juta penumpang


Senin, 11 Oktober 2010 / 12:08 WIB
Kuartal III, AirAsia angkut 2,8 juta penumpang
ILUSTRASI. Uang rupiah


Reporter: Gentur Putro Jati |

JAKARTA. Sepanjang Januari-September 2010, PT Indonesia AirAsia (IAA) sudah menerbangkan 2,8 juta penumpang alias 70% dari target tahun ini sebanyak 4 juta penumpang.

"Sampai kuartal III, jumlah penumpang kami sudah sekitar 2,8 juta penumpang. Sementara target tahun ini 4 juta penumpang," kata Corporate Communication Manager IAA Audrey Progastama Petriny, Senin (11/10).

Sayangnya, ia masih belum bisa memberikan data rinci berapa banyak jumlah penumpang rute domestik dan internasional yang dilayani maskapainya.

Namun, IAA selama ini terkenal sebagai maskapai yang fokus menggarap rute penerbangan internasional dengan komposisi 80% untuk rute internasional dan 20% untuk rute domestik.

Audrey mengaku optimis maskapainya mampu mencapai target penumpang yang sudah ditetapkan AirAsia Grup tahun ini. Salah satu caranya adalah dengan membuka sejumlah rute baru internasional dan domestik sampai akhir tahun ini.

"Ada sejumlah rute baru yang akan dibuka, tetapi untuk detilnya tunggu tanggal mainnya," elaknya.

Dua rute terakhir yang dibuka IAA pada 29 September lalu adalah Surabaya-Bangkok dan Surabaya-Penang. Dua rute baru ini merupakan bagian dari sejumlah rute baru yang dilayani IAA setelah menutup rute Jakarta-Medan dan Jakarta-Surabaya mulai 1 Oktober 2010. Selain itu IAA juga menambah frekuensi Surabaya-Kuala Lumpur sebanyak satu kali penerbangan menjadi lima kali penerbangan per hari.

Sementara, rute baru yang akan dibuka IAA untuk menggantikan Jakarta-Medan adalah Medan-Bangkok-Hongkong atau Medan-Bangkok-Macau. Kemudian, rute yang akan ditambah frekuensinya sebanyak satu kali dari Medan adalah Medan-Kuala Lumpur dan Medan-Penang yang saat ini sudah dilayani IAA sebanyak dua kali dalam sehari.

Selain rute-rute yang sudah disiapkan untuk mengganti dua penerbangan gemuk diatas, IAA menurutnya juga akan membuka sejumlah rute baru lainnya. Antara lain Bandung-Penang, Bandung-Brunei, Bandung-Bangkok, Jogjakarta-Kuala Lumpur, Makassar-Hongkong, dan Jakarta-Filipina.

Seluruh rute itu baru dibuka paling tidak setelah IAA menambah jumlah pesawatnya. Saat ini IAA mengoperasikan 11 pesawat Airbus A320. Rencananya sampai akhir tahun, maskapai yang identik sebagai low cost carrier itu akan mendatangkan 3 lagi A320 dengan jadwal kedatangan pesawat ke 12 sampai 14 di bulan Oktober-Desember. Seluruh pesawat A320 itu akan menggantikan 4 Boeing 737-300 yang sudah habis masa sewa nya dan harus dikembalikan pada periode Juli-Oktober.

Sebagai pembanding, sampai semester I 2010 IAA berhasil menerbangkan 1,9 juta penumpang atau 47,5% dari target 4 juta penumpang. Dimana 80% diantaranya atau 1,52 juta merupakan penumpang internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×