kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba PT Solusi Kampus Indonesia Melesat 42,38% Pasca Diakuisisi RUNS


Selasa, 04 Juli 2023 / 12:00 WIB
Laba PT Solusi Kampus Indonesia Melesat 42,38% Pasca Diakuisisi RUNS


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Jakarta, 4 Juli 2023. PT Solusi Kampus Indonesia (PT SKI) melaporkan pertumbuhan laba yang signifikan setelah diakuisi oleh PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) pada Mei 2022. Laba bersih perusahaan mencapai Rp3,17 miliar pada tahun 2022, meningkat sebesar 42,38% dibandingkan dengan laba bersih sebelumnya yang mencapai Rp2,23 miliar.

Peningkatan laba bersih ini didorong oleh efisiensi dalam pengeluaran biaya langsung dan operasional perusahaan dalam implementasi pekerjaan. PT SKI berhasil mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dengan cara yang efektif dan efisien. Keberhasilan ini merupakan hasil dari upaya perusahaan dalam meningkatkan kinerja operasionalnya.

Selain itu, total aset PT SKI juga mengalami peningkatan signifikan dari Rp7,01 miliar pada akhir tahun 2021 menjadi Rp13,77 miliar di tahun 2022. Sementara, liabilitas perseroan mengalami penurunan dari Rp3,3 miliar menjadi Rp1,73 miliar pada akhir tahun lalu. Jumlah ekuitas perseroan juga meningkat secara substansial menjadi Rp12,03 miliar dibandingkan dengan sebelumnya Rp3,55 miliar.

Meskipun pendapatan perseroan mengalami penurunan sebesar 9% dari Rp12 miliar pada tahun sebelumnya menjadi Rp10,96 miliar pada tahun 2022, PT SKI tetap berhasil mencatatkan pertumbuhan laba yang signifikan. Hal ini menunjukan kemampuan perseroan dalam meningkatkan efisiensi operasionalnya dan mengelola sumber daya dengan baik.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang baru-baru ini diadakan, telah disepakati penggunaan laba bersih perusahaan. Sebanyak 15% dari laba bersih akan dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham, sedangkan 5% akan dialokasikan sebagai tantiem. Sisa laba bersih sebesar 80% akan digunakan sebagai laba ditahan, yang akan digunakan unruk mendukung ekspansi bisnis, meningkatkan kapasitas produksi, dan pengembangan produk.

Tentang RUN System

Didirikan pada tahun 2014 di Yogyakarta, PT Global Sukses Solusi Tbk (PT GSS TBK) adalah perusahaan teknologi yang menyediakan solusi perangkat lunak untuk perusahaan meliputi manufaktur, distribusi, jasa, hingga perdagangan. Pada tahun 2015, PT GSS TBK yang lebih dikenal dengan brand RUN System, mulai memfokuskan produknya pada solusi ERP untuk perusahaan dan menjadi perusahaan penyedia solusi ERP terbaik hingga saat ini dan telah memperoleh beberapa penghargaan dari program Indigo Incubator, EY Foundry Cohort 4, Start-Up Wheel Vietnam, Top Digital Award 2021 dan Asian Association of Business Incubation - Beijing. Di tahun 2021, PT GSS TBK resmi tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia (dengan kode saham RUNS). Memiliki beberapa produk lain diluar RUN System, yaitu RUN Market, RUN iProbe, R1, iKAS. Di tahun 2022, PT GSS Tbk mengakuisisi PT Solusi Kampus Indonesia yang merupakan market leader di sektor EduTech. Dengan visi meningkatkan tingkat produktivitas perusahaan dengan skala global, RUN System terus mengembangkan sistem ERP yang terpercaya untuk perusahaan-perusahaan di kawasan Asia Tenggara.

Tentang PT Solusi Kampus Indonesia (eCampuz)

PT Solusi Kampus Indonesia (eCampuz) merupakan unit usaha di bidang teknologi informasi yang berafiliasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada Mei 2022, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUN System) mengakuisisi eCampuz dan menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan saham sebesar 60,11%. eCampuz lahir dalam ekosistem pendidikan tinggi sejak 18 tahun silam, bersama unit usaha teknologi dibawah naungan PT Gama Multi Usaha Mandiri milik UGM sebagai sumber pengetahuan bisnis proses pengelolaan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Fokus bisnis eCampuz adalah memberikan layanan digitalisasi penyelenggaraan fungsi utama dan pendukung institusi pendidikan untuk menghasilkan lulusan unggul dan pendidikan yang bermutu. Layanan eCampuz mencakup penyelenggaraan Sistem Pendidikan Berbasis Elektronik (SPBE), tidak terbatas pada pengembangan dan kustomisasi sistem informasi saja. Namun pendampingan pada domain kebijakan, tata kelola, serta manajemen institusi pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×