kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.399.000   13.000   0,94%
  • USD/IDR 16.140
  • IDX 7.328   27,17   0,37%
  • KOMPAS100 1.142   4,95   0,44%
  • LQ45 920   5,02   0,55%
  • ISSI 219   0,28   0,13%
  • IDX30 458   2,53   0,56%
  • IDXHIDIV20 549   3,16   0,58%
  • IDX80 129   0,76   0,60%
  • IDXV30 127   0,36   0,29%
  • IDXQ30 155   0,64   0,42%

Layani Penumpang Mudik Lebaran 2024, Damri Siapkan 2.000 Bus


Jumat, 29 Maret 2024 / 23:00 WIB
Layani Penumpang Mudik Lebaran 2024, Damri Siapkan 2.000 Bus
ILUSTRASI. Tinggi peminat, DAMRI resmi operasikan AKAP sleeper dua tingkat.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perum Damri menyiapkan 2.000 unit bus untuk melayani masyarakat selama masa angkutan arus mudik maupun balik Lebaran 2024 di seluruh Indonesia.

“Total armada yang disiapkan untuk angkutan Lebaran di tahun ini kurang lebih 2.000 unit untuk seluruh Indonesia. Itu termasuk untuk cadangan juga, karena kita ada 44 cabang di seluruh Indonesia,” kata Corporate Secretary Perusahaan Umum (Perum) Damri Chrystian R. M. Pohan dalam keterangannya, Jumat (29/3/2024).

Pohan menyampaikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masa angkutan Lebaran 2024, Damri juga telah melaksanakan uji kelaikan operasi (ramp check) yang dilakukan sejak 13-28 Maret 2024 untuk seluruh unit armada.

Baca Juga: Simak Persiapan DAMRI Melayani Penumpang Menyambut Mudik Lebaran

Dia mengatakan ramp check itu dilakukan untuk memastikan kinerja dan kualitas layanan transportasi Damri memenuhi harapan masyarakat saat melakukan perjalanan mudik dan arus balik.

Semua aspek mulai dari quality control (QC) dan quality assurance (QA) dipastikan dalam kondisi prima.

“Untuk ramp check kita sebenarnya enggak dari internal, tetapi dari Kementerian Perhubungan baik dari pusat maupun dari daerah (dinas perhubungan), kita juga minta mereka melakukan pengecekan,” ucap Pohan.

Pohan juga menyampaikan bawa Damri akan membuka Posko Layanan Pengaduan, sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dapat segera diatasi dengan cepat, salah satunya bila ada kemogokan mobil.

“Posko kita akan buka Posko Mudik sejak 31 Maret. Jadi mulai aktif dari 1 April sampai H+10 Lebaran. Selama posko kita pastinya akan ada layanan call center 24 jam. Semuanya kita siapkan benar benar,” kata Pohan.

Baca Juga: DAMRI Hadirkan Rute Bogor-Purwokerto, Tarif Rp 165.000

Pohan juga mengatakan bahwa Damri telah menyiapkan armada cadangan di beberapa titik strategis guna memastikan respons cepat terhadap situasi darurat, menghindari gangguan perjalanan yang tidak diinginkan, dan menjaga ketepatan waktu dalam layanan transportasi.

Pengalaman dari tahun ke tahun, lanjut Pohan, menunjukkan pentingnya langkah tersebut dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan perjalanan penumpang.

Pohan menyebut armada cadangan Damri telah disiapkan di antaranya di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang, siap untuk bertindak jika diperlukan.

"Kita sebenarnya sudah prepare armada cadangan juga di beberapa titik-titik. Jadi kalau misalnya ada apa di satu titik tertentu sudah bus yang standby, karena menurut pengalaman jika mengirim bus dari titik awal, misalnya ada bus berhenti di tengah perjalanan, itu kan jauh banget dan juga belum tentu mengejar waktunya, Jadi, armada cadangannya kita sudah siapkan juga," jelas Pohan.

Selain itu, Damri juga memastikan seluruh armada selalu dalam keadaan bersih demi kenyamanan penumpang saat melakukan perjalanan sampai ke tujuan, terlebih saat momen mudik Lebaran 2024.

Baca Juga: Jumlah Pemudik Diprediksi Capai 200 Juta Orang pada Lebaran 2024

"Kenyamanan penumpang merupakan salah satu prioritas Damri dalam menyediakan jasa layanan transportasi darat. Hal tersebut salah satunya diwujudkan melalui proses pembersihan seluruh armada Damri yang menyeluruh mulai dari eksterior hingga interior sebelum melayani pelanggan," ujar Pohan.

Proses pembersihan armada dimulai dari pencucian eksterior bus. Kemudian, interior bus dibersihkan meliputi menyapu dan mengepel lantai, penggantian tempat sampah, penggantian bantal dan selimut serta pembersihan kaca.

Pembersihan armada tersebut dilakukan sebelum keberangkatan bus dan sesudah ketibaan bus.

Damri juga mengimbau penumpang untuk turut berpartisipasi menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

"Kami juga mengajak penumpang Damri untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan baik di terminal maupun di dalam bus," kata Pohan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Damri Siapkan 2.000 Bus untuk Layani Penumpang Mudik Lebaran 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×