Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Lazada Indonesia bakal terus memperkuat bisnis online di pasar domestik. Salah satu cara dengan memperbanyak jumlah pedagang.
Bila pada 2014 jumlah pedagang yang menjajakan dagangan di Lazada baru 2.300 pedagang, pada kuartal III-2015 sudah 7.100 pedagang. Nah, di akhir 2015, perusahaan ritel online ini menargetkan bisa menjaring 10.000 pedagang.
Chief Executive Officer Grup Lazada Maximillian Bittner optimistis Lazada bisa mencapai target tersebut. Caranya dengan meniadakan komisi bagi Lazada bagi penjual di bidang non elektronik dan aksesori elektronik. Biasanya, Lazada mengutip komisi penjualan antara 5%-10% tergantung dari jenis produk.
Tak hanya itu, Lazada sampai berani menawarkan biaya pengiriman gratis ke Jabodetabek dan Surabaya bagi pedagang yang berani memberikan harga dagangan murah.
Nah, di kuartal ketiga ini, Lazada membidik para pedagang industri kecil dan menengah (IKM). Saat ini kontribusi pedagang IKM di Lazada baru 20%. Maklum, Lazada lebih banyak menjalin kerjasama pemasaran eksklusif dengan perusahaan besar.
Catatan, pendapatan penjualan atau gross merchandise value (GMV) Grup Lazada di semester I-2015 sebesar US$ 433 juta. Di semester I-2014, GMV-nya baru US$110 juta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News